//
Anda Sedang Membaca Artikel...

Artikel Pilihan

Efek & Panduan Ibu Menyusui Puasa RAMADHAN

Apakah boleh dan aman bila Ibu Menyusui Puasa RAMADHAN?

Apakah ASI akan BERKURANG atau kualitasnya MENURUN bila BUSUI puasa Ramadhan?

Beberapa Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan oleh Ibu yang masih Menyusui bayinya, bila bertemu Bulan Ramadhan..

Ternyata, saat ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian bahwa, puasa Ramadhan itu AMAN pada Ibu Menyusui dan Tidak berefek pada bayi yang disusui..

Penelitian Rakicioglu dkk, menyimpulkan bahwa PUASA RAMADHAN TIDAK PUNYA EFEK pada komposisi dan jumlah MAKRONUTRIEN (Nutrisi penting bagi tubuh yang terdiri dari karbohidrat + protein + lemak) ASI dan HANYA menurunkan kadar MIKRONUTRIEN/nutrisi yang kebutuhannya kecil (Zinc, K, Mg) ASI..

Untungnya, Konsumsi tinggi BUAH, SAYUR, KACANG2an, dan NASI selama berbuka BISA MENCEGAH KURANGNYA MIKRONUTRIEN (Zinc, Mg, K) dalam ASI..

Penelitian Topcu dkk juga memastikan bahwa PUASA RAMADHAN pada Ibu yang Menyusui TIDAK BEREFEK pada PERTUMBUHAN BAYI yg disusui dan TIDAK AKAN MENGGANGGU Produksi ASI selama Ibu CUKUP MINUM saat BUKA PUASA dan Sahur..

Produksi ASI BISA berasal dari SIMPANAN LEMAK di TUBUH Ibu, jadi TANPA Makanpun di Siang hari, produksi ASI akan TETAP BAGUS dan Berkualitas..

KEBUTUHAN CAIRAN IBU SEHARI (24jam) selama puasa Ramadhan : KEBUTUHAN Cairan IBU SEHARI + KEBUTUHAN ASI si bayi dalam Sehari..

KEBUTUHAN CAIRAN IBU SEHARI adalah sekitar 1Liter Cairan tiap 25 Kg Berat Badan Ibu. Sehingga, Misal Berat Badan 60kg, berarti dalam sehari ibu Menyusui perlu 2,5Liter cairan..

Dalam sehari, KEBUTUHAN ASI si bayi yang disusui adalah sekitar 100cc per Kg Berat Badan bayi. Misal Berat Badan Bayi 4kg, jadi kebutuhan bayi sehari 400cc..

Semisal, Ibu Menyusui mempunyai Berat badan 60kg, sedangkan bayinya mempunyai berat badan 4Kg, total cairan yang harus dikonsumsi Ibu itu selama 24jam saat sahur dan Buka Puasa adalah sekitar 3 Liter..

Bila kebutuhan Cairan Perhari bagi Ibu Menyusui ini tidak tercukupi, BISA Timbul DEHIDRASI (Kekurangan Cairan) pada BUSUI, terutama bila bayi masih ASI Ekslusif diumur 6 Bulan pertama kehidupan..

TANDA BUMIL yang mengalami DEHIDRASI saat Puasa Ramadhan : RASA HAUS yg sangat, KENCING GELAP, LEMAH, LETIH, PUSING, BERKUNANG2..

Bila ada BEBERAPA GEJALA DEHIDRASI, PUASA BISA DIHENTIKAN, karena bisa berbahaya bagi si Ibu..

Selain Cairan, Kualitas makanan Ibu Menyusui harus diperhatikan. Bumil harus makan makanan dengan komposisi lengkap diantaranya Karbohidrat (nasi dll), Protein&Lemak (daging, telur, ikan dll), Vitamin&Mineral (buah dan sayur)..

Bila semua hal ini dipenuhi, seorang Ibu Menyusui bisa Puasa Ramadhan penuh tanpa Hambatan, namun Ibu dan Bayi tetap Sehat..

InsyaALLaH..

 

Semoga Selalu Sehat,

@dr_BramIrfanda

SUSAH MENGUKUR SUHU BADAN ANAK SAAT PANAS? Gunakan saja Termometer TELINGA+DAHI, mudah dan CEPAT digunakan, HANYA 1 DETIK! Pemesanan :  hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222 | Pin BB 2314afdc | Line/WA 085640333374) ya…

Ingin konsultasi tentang kesehatan dengan kami? Follow @dr_BramIrfanda on Twitter  

 

ingin menampilkan artikel ini di blog, note, atau milis anda? silakan…namun HARUS mencantumkan nama penulis dan juga link aktif berikut -> http://doktercare.com/efek-ibu-menyusui-puasa-ramadhan.html

* Mohon Disebarkan ya dengan mengklik tombol dibawah..demi keluarga dan teman-teman kita, agar mereka tau informasi ini juga..

Untuk Kehidupan dan Kesehatan yang lebih baik bagi kita dan dunia, Mohon disebarkan ya!^^

Artikel Terkait : 

Discussion

No comments yet.

Post a Comment

Alat Tensi Digital
Tensi Digital Hanya 285ribu, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI 1 tahun
http://masthamedica.com

Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat
Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat dalam 1 alat, hanya 375ribu, 3ribu sekali periksa, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI SELAMANYA
http://masthamedica.com

Alat Tes Masa Subur
Alat Tes Masa Subur yang satu paket dengan Tips-tips hamil dari dr.Bram Irfanda
http://masthamedica.com
Ads by DokterCare

Artikel Terbaru

Limfoma : Pengertian, Penyebab, Gejala, & Pengobatan Limfoma
September 8, 2013
By DokterCare Team
Bahaya Minuman Keras bagi Liver
November 24, 2012
By DokterCare Team
Bahaya Minum Kopi
November 17, 2012
By DokterCare Team