//
Anda Sedang Membaca Artikel...

Artikel Pilihan

Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah

Saat ini, penyakit mematikan seperti HIV/AIDS dan beragam penyakit lainnya sudah banyak menyebar ditengah-tengah masyarakat..

Oleh karena kebanyakan penyakit itu bisa ditularkan melalui kontak dan hubungan seks, Pemeriksaan Kesehatan sebelum nikah merupakan hal yang sangat krusial dalam persiapan sebelum nikah..

Jenis Pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan dalam Premarital Check Up atau Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Nikah meliputi :

- HBsAg

Pemeriksaan HBsAg bisa dilakukan di laboratorium atau Rumah Sakit. HBsAg yang positif menunjukkan adanya Infeksi Hepatitis B. Mengingat Hepatitis B adalah penyakit yang bisa menular melalui Hubungan Seks, bila salah satu pasangan mengidap Hepatitis B, pasangannya harus mendapat vaksin Hepatitis B sebelum menikah dan berhubungan seks pertama kali. Bila pasangan perempuan terkena Hepatitis B, bayi hasil hubungannya sangat beresiko terkena hepatitis B. Hepatitis B yang berlangsung lama bisa menyebabkan Kanker Liver dan Sirosis -Rusak Totalnya- Liver..

- VDRL/RPR

VDRL adalah pemeriksaan di laboratorium atau Rumah Sakit untuk deteksi adanya infeksi Siphilis. Siphilis adalah salah satu penyakit yang juga ditularkan melalui hubungan seksual. Siphilis merupakan penyakit yang sangat berbahaya walau relatif mudah disembuhkan, karena dapat membuat janin cacat saat dilahirkan. Selain itu, dalam jangka panjang, Siphilis bisa merusak otak, pembuluh darah dan bagian tubuh lainnya..

- Tes HIV

Karena seks bebas dan narkoba sudah menjadi hal yang umum di kalangan remaja dan anak sekolah, kejadian HIV di remaja Indonesia sangat tinggi. Pemeriksaan HIV di laboratorium atau Rumah Sakit sebelum nikah bisa mencegah penularan HIV dari calon suami atau calon istri ke pasangannya. Mirisnya, Infeksi HIV yang terjadi, juga bisa menular ke anak hasil pernikahan.    Selain kematian beberapa tahun setelah terkena HIV, seorang anak dengan HIV umumnya juga harus tersiksa akibat malnutrisi dan terkena penyakit-penyakit berat lainnya.. 

- Pemeriksaan Kelamin dan Penyakit Menular Seksual lain

Pemeriksaan penyakit menular seksual di dokter kulit dan kelamin sangat penting karena penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. Bila salah seorang suami atau istri terkena penyakit menular seksual, pasangannya akan ikut tertulari. Mirisnya, infeksi penyakit menular seksual yang terjadi dalam waktu yang lama dan tanpa pengobatan, bisa mengakibatkan kemandulan karena terjadi radang dan penyumbatan di saluran telur maupun sperma..

Tentu tidak Mudah untuk membuat pasangan kita mau memeriksakan dirinya, namun hal ini wajib dilakukan untuk kesehatan diri dan anak-anak kita di masa depan..

Agar tidak terkesan mencurigai, lakukan tes kesehatan sebelum nikah bersama-sama dengan pasangan..

Kalau memang bersih, kenapa harus takut?

 

Semoga Selalu Sehat,

@dr_BramIrfanda

INGIN CEPAT HAMIL? dapatkan TIPS2 CEPAT HAMIL & ALAT CEK MASA SUBUR dari @dr_BramIrfanda, hanya 50ribu! pemesanan :  hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222 | Pin BB 2314afdc | Line/WA 085640333374) ya…

Ingin konsultasi tentang kesehatan dengan kami? Follow @dr_BramIrfanda on Twitter  

 

ingin menampilkan artikel ini di blog, note, atau milis anda? silakan…namun HARUS mencantumkan nama penulis dan juga link aktif berikut -> http://doktercare.com/pemeriksaan-kesehatan-sebelum-menikah.html

* Mohon Disebarkan ya dengan mengklik tombol dibawah..demi keluarga dan teman-teman kita, agar mereka tau informasi ini juga..

Untuk Kehidupan dan Kesehatan yang lebih baik bagi kita dan dunia, Mohon disebarkan ya!^^

Artikel Terkait :

1. HIV/AIDS: Punya Faktor Resiko Kena HIV AIDS? Tes HIV Segera!

2. HIV/AIDS: Gejala HIV AIDS, Siksaan Sebelum Kematian.. 

3. HIV/AIDS: Penanganan dan Pengobatan HIV/AIDS

4. HIV/AIDS: Interaksi dengan penderita HIV+, Harus gimana? 

5. HIV/AIDS: Mudah Menular Lho..

Discussion

No comments yet.

Post a Comment

Alat Tensi Digital
Tensi Digital Hanya 285ribu, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI 1 tahun
http://masthamedica.com

Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat
Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat dalam 1 alat, hanya 375ribu, 3ribu sekali periksa, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI SELAMANYA
http://masthamedica.com

Alat Tes Masa Subur
Alat Tes Masa Subur yang satu paket dengan Tips-tips hamil dari dr.Bram Irfanda
http://masthamedica.com
Ads by DokterCare

Artikel Terbaru

Limfoma : Pengertian, Penyebab, Gejala, & Pengobatan Limfoma
September 8, 2013
By DokterCare Team
Bahaya Minuman Keras bagi Liver
November 24, 2012
By DokterCare Team
Bahaya Minum Kopi
November 17, 2012
By DokterCare Team

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan kiriman Artikel Terbaru DokterCare.com via Email, GRATIS!