//
Anda Sedang Membaca Artikel...

Penyakit Dalam

TBC: Pengertian, Gejala, Penularan, Pengobatan Penyakit TBC

TBC yang sering disebut juga TB atau Tuberculosis adalah suatu penyakit MEMATIKAN karena kuman Mycobacterium Tuberculosis..

Jumlah penderita TBC sangat banyak di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 429ribu orang penderita TBC. Mirisnya,  mayoritas menyerang usia produktif..

Menurut WHO, Jumlah penderita TBC yang melimpah ini membuat Indonesia masuk negara dengan jumlah penderita TBC TERBANYAK no.5 di dunia..

Karena jumlah penderita yang begitu banyak,jumlah kematian karena TBC di Indonesia juga melimpah. Setiap tahun, kematian yang disebabkan TBC di Indonesia sekitar 61.000 orang/tahun!

Kenapa kematian karena TBC sebanyak itu?

TBC bila tidak diobati, lama kelamaan bisa merusak total paru-paru. paru-paru yang rusak parah membuat oksigen yang dapat terhirup sangat sedikit dan tak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Akibatnya, bisa membuat penderita TBC meninggal..

Bagaimana cara penularan TB?

TBC menular lewat kuman TBC yang dibatukkan oleh penderita TBC..

Kuman yang dibatukkan ini bila dihirup akan menularkan kuman TBC. Namun 90% orang yang tertular tidak akan sakit. Hanya orang dengan daya tahan tubuh yang lemah saja, yang akan tertular TBC..

TBC bukan lagi dominasi kalangan masyarakat sosioekonomi bawah. Kejadian TBC juga banyak terjadi pada sosioekonomi menengah keatas, yang kebetulan sedang menderita penyakit lain, terutama HIV/AIDS.. 

Saat sedang sakit, tubuh menjadi rentan terhadap serangan TBC, jadi bila sedang sakit, sebaiknya kita menutup hidung bila ada orang batuk disekitar kita. Hal ini, bisa menurunkan kemungkinan penularan TBC..

Gejala TBC:

1. Batuk berdahak. batuk berdahak lebih dari 3 minggu. Batuk bisa disertai darah, bisa tidak. Jumlah darah bisa sedikit, bisa banyak, bahkan karena banyaknya bisa sampai membuat pasien TBC harus ditransfusi darah..

Sekitar 60% penderita batuk berdahak lebih dari 3 minggu adalah penderita TBC. Waspada ya..

2. Demam ringan, demam sumer yang disertai keluarnya keringat di malam hari..

3. Nafsu makan turun, karena intensitas makan menurun, kondisi tubuh makin melemah dan berat badan menurun. Hal ini menyebabkan penderita makin kurus..

4. Nyeri dada dan sesak nafas, terjadi bila sakit TBC sudah parah dan sudah ada kerusakan paru-paru..

Bila ada gejala-gejala TBC diatas, segera periksakan ke Rumah Sakit atau puskesmas untuk menerima pengobatan TBC..

Pengobatan TBC di Rumah Sakit Pemerintah dan Puskesmas semuanya Gratis!

Selain ke Rumah Sakit, pasien TBC juga bisa memeriksakan diri ke dr.Sp.Paru, terutama untuk TBC yang tidak sembuh dengan pengobatan standar dari Rumah Sakit atau Puskesmas..

Bila dengan pengobatan standar Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas, ternyata kuman TBC masih ada, pengobatan harus dilakukan di dokter spesialis Paru (dr.Sp.Paru) atau di Rumah Sakit Paru..

Pengobatan TBC standar berlangsung minimal selama 6 bulan. Hal ini disebabkan  karena kuman TBC merupakan kuman yang kuat dan punya daya tahan terhadap obat TBC..

Bahkan untuk kuman TBC yang ganas dan tahan terhadap obat, pengobatan bisa berlangsung minimal 18 bulan dengan obat yang lebih mahal..

Bila setelah diperiksa, kuman masih ada setelah 18 bulan, terapi dilanjutkan hingga kumannya hilang..

jadi Pengobatan TBC bisa dilakukan selamanya!

Untungnya, umumnya penderita TBC sudah tidak menularkan TBC setelah 2 minggu pengobatan TBC, jadi relatif aman untuk tetap berinteraksi dengan penderita TBC yang telah melakukan pengobatan..

TBC Horor ya?

makanya harus segera kita musnahkan penyakit ini dari dunia..

Caranya?

Tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak tertular TBC dan penderita TBC harus diobati hingga sembuh..

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap TBC bisa dengan memperbaiki kualitas makanan, yakni dengan rutin memakan makanan tinggi protein, seperti telur, daging, tempe, tahu, ikan, dll..

Protein yang tinggi berguna utk menguatkan sel pertahanan tubuh kita sehingga kuat menghadapi kuman TBC..

Makan makanan kaya protein ini HAL PALING PENTING untuk mencegah TBC..

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa juga dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang sehat, seperti cukup tidur, tidak stres, selalu bahagia, rajin olahraga dll..

Pengobatan yang teratur bagi penderita TBC juga sangat penting. Bila minum obatnya tidak teratur, kuman bisa kebal dan tahan pada obat. Bila kuman sudah kebal pada obat, terapi harus diperpanjang lebih dari 6 bulan hingga seluruh kuman mati..

Bila TBC tidak diobati, dalam 5 tahun 50% penderita akan Mati, 25% yang lain akan makin parah dan menyebarkan TBC ke orang-orang disekitarnya..

Mari kita musnahkan TBC dari muka bumi, mulai dari diri sendiri dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita..

Mari!

 

Semoga Selalu Sehat,

@dr_BramIrfanda

SERING SERANGAN ASMA HINGGA HARUS KE RUMAH SAKIT? Gunakan saja ALAT UAP / NEBULIZER saat serangan asma

hanya berharga 450ribu, alat uap bisa dipakai 5 tahun! GARANSI 1TH

pemesanan :  hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222 | Pin BB 2314afdc | Line/WA 085640333374) ya…

Ingin konsultasi tentang kesehatan dengan kami? Follow @dr_BramIrfanda on Twitter  

 

ingin menampilkan artikel ini di blog, note, atau milis anda? anda HARUS mencantumkan nama penulis dan juga link aktif berikut -> http://doktercare.com/tbc-pengertian-gejala-penularan-pengobatan-tbc.html

* Mohon Disebarkan ya dengan mengklik tombol dibawah..demi keluarga dan teman-teman kita, agar mereka tau informasi ini juga..

Untuk Kehidupan dan Kesehatan yang lebih baik bagi kita dan dunia, Mohon disebarkan ya!^^

Discussion

128 Responses to “TBC: Pengertian, Gejala, Penularan, Pengobatan Penyakit TBC”

  1. mau tanya dok, bila kita menempati rumah bekas penderita TBC apakah akan ada kemungkinan untuk tertular?? sedangkan penghuni sebelumnya meninggal krna pnyakit TBC trsbut??

    Posted by AShantie | July 20, 2012, 3:19 pm
    • Kuman TBC akan mati bila terkena sinar matahari, jadi buat sebanyak mungkin jendela dan buat rumah terang. TBC kebanyakan menular lewat batuk, bila tdk ada pasien TBC yg batuk tidak akan terjadi penularan:)

      smg sll sehat,
      DC team

      Posted by DokterCare Team | July 24, 2012, 4:42 am
  2. dok saya sudah 4 hari batuk berdarah meriang keringat dingin, tapi napsu makan tetap ada . kalau kumat siang hari saya bisa batuk berdarah hebat /banyak.

    apa menurut dokter saya sudah dipastikan positif TBC.
    bila iya saya takut akan biayanya , apa benar di puskesmas obatnya gratis?
    terima kasih

    Posted by billy | July 27, 2012, 1:17 pm
  3. dok, saya sekarang lg kena batuk sudah seminggu. Batuknya berdahak. Sering kambuh waktu malam menjelang tidur. Berat badan saya juga menurun. Apakah in gejala TBC? Apa tindakan yg harus saya lakukan untuk menyembuhkan batuk ini? Terima kasih sebelumnya..

    Posted by kim | August 6, 2012, 6:21 am
    • pertama santai dlu..
      trz ke RS pemerintah atau puskesmas utk periksa Dahak TBC & Foto Rontgen dada, dari hasilnya, kita tau pastinya..
      obatnya di puskesmas & RS Pemerintah Gratis lho..:)

      Semoga selalu sehat,

      Dokter Care Team

      Posted by DokterCare Team | August 8, 2012, 6:54 am
  4. dok apakah penderita tbc bisa berhubungan badan dengan istrinya?

    Posted by akbar | August 15, 2012, 10:18 pm
  5. Dok, hubungan badannya kok cuma “bisa sekali”, pengennya “bisa berulang kali” tetap bisa ya dok? Pertanyaan kedua, utk TB non paru-paru cara mengetahuinya/diagnosa bahwa bagian itu yg kena ditegakkan dari diagnosa apa & dari mana? BTW, thnx atas situsnya yg bermanfaat

    Posted by abdulloh hadi | September 13, 2012, 11:35 pm
  6. Dok mau tanya?
    Batuk saya sudah berjalan 2 minggu ,tapi batuknya kadang kadang ,lalu tulang punggung saya sakit dan nafsu makan saya tetap ada ,apa penyakit saya ini dok,,,?

    Posted by Bhill | September 28, 2012, 10:47 am
  7. Dok,sy mau tanya..putri sy sjk bayi diasuh tetangga,karena saya bekrja.saya baru tahu klu suaminya pernah opname gara2 paru2,dan ikut pengobatan 6 bulan,apa bisa menular ke putri sy dok,sdgkan saya saat ini merahasiakan ini ke suami,apa yang harus sy lakukan dok.saat ini putri saya sdh 14 bln,tp jarang sakit.beri saya solusi dok :(

    Posted by fia | September 29, 2012, 6:25 pm
  8. saya seorang mantan pendrita TB..namun sampai skrg saya mash konsumsi obatnya kira2 skrg udah berjalan 7 buln,,,
    namun saya msh merasakn sesak nafas ,,,kira2 penybabnya apa n apa msh bsa bernafas dengan normal,,say jg menggunakn seretide diskus untuk jaga2 ,,,minta penjelasannya dok,.,.

    Posted by saiful bahri | October 22, 2012, 1:28 pm
  9. mau nanya dok. di sekolah saya (tk&playgroup) ada seorang staff yang positif TB dan baru diketahui sekitar 1 minggu yll (hasil pemeriksaan lengkap rontgen +tes mantoux). sebelumnya dia sudah batuk2 lebih dari 3 minggu. Mengingat anak-anak balita sangat rentan terhadap penularan virus TB, apa yang harus kami (manajemen)lakukan? terima kasih dan mohon jawabannya…

    Posted by anna | October 30, 2012, 10:07 am
  10. dok mau tanya nih, saya punya teman umur 15,dia sakit dengan ciriciri batuk berdarah tapi baru 1 minggu,sesak,malam keringatan,sore agak panas,nafsu mkan sedikit demi sedikit berkurang. apakah teman saya itu terkena TBC,dok ?

    Posted by sila | November 3, 2012, 2:25 pm
    • Dari gejalanya : kemungkinan besar TBC, kepastiannya dg pemeriksaan Dahak di Puskesmas atau RS + ronntgen terus minum obat selama minimal 6 bulan. segera ya,,kalo benar2 TBC, sgt menular kalo sampai batuk darah. tidak menular lagi setelah 2minggu minum obat

      semoga sll sehat,

      Posted by DokterCare Team | November 8, 2012, 1:22 am
  11. Dok, ada teman ayah saya, orang jauh, menumpang di rumah saya. Beliau batuk2 terus.. Dan sudah lebih dari seminggu tinggal di rumah saya. Setelah ada bincang2 sedikit dgn ayah saya, ternyata beliau menderita batuk2 sudah setahun lebih. Ayah saya langsung membawa beliau ke Puskes terdekat, dan hasilnya TBC positif.3.

    Menurut dokter, apakah salah satu keluarga saya atau saya sendiri sudah terinfeksi kuman TBC, karena selama seminggu-an beliau tinggal di rumah kami, batuknya tidak pernah ditutup.

    Tolong dok, penjelasannya segera…
    Terimakasih..

    Posted by Indika | November 9, 2012, 1:55 pm
  12. dok. .apakah pnyakit tbc bisa menular melalui peertukaran air liur. .
    Dalam artian berciuman. .o

    Posted by ardi | November 18, 2012, 2:19 am
  13. dok, kalo sudah dinyatakan sembuh apakah nanti kemungkinan bisa kambuh lagi?
    trims

    Posted by yanu | November 19, 2012, 6:03 am
  14. dok saya punya anak umur 14bln,dan dia sdh hampir 3bln ini batuk,tp memang tdk terus menerus,pertama dia seperti batuk alergi yaitu kalau malam saja sewkt dia tdr dan itu sdh berobat ke dktr sp.anak dan sdh di ksh obat btk racikan,dr situ sdh agak mendingan tp skrg mulai batuk berdahak lagi,tp nafsu makan dan aktivitas msh seperti biasa dan tdk panas,wkt pas dia sakit sblmnya dia pernah di gendong salah satu kerabat yg saya baru tahu ternyata dia menderita tbc dan baru2 ini sdh meninggal,yg saya takutkan apakah ada kemungkinan anak saya tertular olehnya atau tdk,yg pasti tdk ada gejala lain selain batuk,anak saya tdk panas,tdk sesak nafas hanya saja dia batuk berkepanjangan.mohon infonya terima kasih

    Posted by alia | November 24, 2012, 4:01 pm
  15. dok,sy berumur 22 th.sy sdh mndrita batuk dari sy smp dlu.setiap pagi sy terus batuk2.awlnya sy gk tau kalo sy mendrita pnykt paru2.wktu kls 3 stm sy batuk darah dok.lalu sy bw kedktr dan melakukan proses pnymbuhan slama 6 bln.tp wkt itu sy telat sehari gk mnum obt….dan skrg sy batuk lagi dan badan sy sgt kurus…kalo berobat lagi sy gk py dana.kira2 solusinya gmn y dok?ad gk pngobatan gratis buat sy?

    Posted by ahmad taufik nugroho | December 1, 2012, 2:49 am
  16. Dok, sy mau tanya, apakah seseorg bisa kna TB tanoa batuk,tapi mengeluarkan darah secara tiba2 baru terasa gtl tenggorokkannya baru batuk2,setelah itu batuknya berhenti dan nafsu mkn biasa cuma berat bdn menurun, pernah memeriksakan diri ke Dr. Ktnya ada maag,tapi blm di tropong. Trims Dok

    Posted by ika kamelia | December 8, 2012, 6:26 am
  17. Dok sth yg lalu sy menderita tbc dan sdh berobat,tp skrg sy kena lagi dan sudah positif 3 trus dift ronsen paru sy hilang sebelah,apakah itu sudah semakin parah dan bisa diobati dok?knp bisa kena lagi penyebabnya apa dok?

    Posted by Mia | December 8, 2012, 9:06 pm
  18. dok temen saya ada yg positif TBC, tapi saya gak enak buat gak nemenin dia, gimana baiknya ya dok??

    Posted by ari putra | December 10, 2012, 2:15 am
  19. Salam kenal ,doc :)
    Saya seorang pelajar berumur 15 thn ..
    Teman saya yang memiliki umur yang sama mengeluh bahwa slama bbrpa hari ini setiap bangun tidur dia mengeluarkan darah dr mulutnya
    Saya ragu bhwa dia terkena gejala TBC atau masalah gusi ,, menurut saya sih dominan TBC dari bbrapa blog yg sdh saya jelajahi ..
    Tidak hanya ketika tidur tapi ketika dia membuang ludahpun ada darahnya ..
    Dia terkadang memang suka demam
    Tapi dia hanya terkadang batuk dan flu ..
    Apakah dia TBC dok ?
    Apakah cara mengatasi nya sama seperti yg ada di atas ?
    Thx before , doc

    Posted by Patricia Karina Wijaya | December 10, 2012, 11:02 am
  20. Dok, mau ikutan nanya, saya seorang pria berumur 43 tahun, ada teman sekantor saya yg satu ruangan pemuda berumur kira2 20 tahunan, badannya kurus dan sering seperti batuk yang ada dahaknya, saya khawatir dia terkena TBC. Dan kami di ruang kantor tsb hanya berdua saja, sekarang AC kantor kami mati (rusak) dan kami menggunakan kipas angin. Pertanyaan saya : 1. Apakah teman saya tsb kira2 berpenyakit TBC?, 2. Apakah kipas angin yang berputar2 justru lebih berbahaya, karena mungkin bakteri TBC nya akan semakin memenuhi ruangan? atau sebaiknya saya tidak usah gunakan kipas angin saja? 3. apakah penderita TBC pasti badanya kurus?, bagaimana kalau orang tsb berbadan gemuk dan nafsu makan biasa, tetapi sudah sekitar 3 minggu dia batuk2 berdahak dan kadang kalau malam badannya rada meriang.? terima kasih banyak atas bantuan jawabannya ya dok…

    Posted by BENI | December 13, 2012, 1:09 pm
  21. Dok, mau ikutan nanya, saya seorang pria berumur 43 tahun, ada teman sekantor saya yg satu ruangan pemuda berumur kira2 20 tahunan, badannya kurus dan sering seperti batuk yang ada dahaknya, saya khawatir dia terkena TBC. Dan kami di ruang kantor tsb hanya berdua saja, sekarang AC kantor kami mati (rusak) dan kami menggunakan kipas angin. Pertanyaan saya : 1. Apakah teman saya tsb kira2 berpenyakit TBC?, 2. Apakah kipas angin yang berputar2 justru lebih berbahaya, karena mungkin bakteri TBC nya akan semakin memenuhi ruangan? atau sebaiknya saya tidak usah gunakan kipas angin saja? 3. apakah penderita TBC pasti badanya kurus?, bagaimana kalau orang tsb berbadan gemuk dan nafsu makan biasa, tetapi sudah sekitar 3 minggu dia batuk2 berdahak dan kadang kalau malam badannya rada meriang.? terima kasih banyak atas bantuan jawabannya ya dok…

    Posted by beni rinaldi | December 14, 2012, 8:27 am
  22. dok, anak saya umur 4 bulan kok rentan batuk ya…,ini sdh batuk lagi,,karena pengasuh anak saya puya sejarah TBC dan sekarang dalam masa pengobatan,, apa anak saya terinfeksi?

    Posted by cerianing w d | December 17, 2012, 7:33 am
  23. dok, saya batuk lebih dari 2 minggu, batuk biasanya dipagi hari dan mlam hari. saya sdh kedokter dikasi obat, sdh agk baikan. seminggu setelah obatnya habis, saya batuk lagi. gejala apa itu dok?

    Posted by kampret | December 21, 2012, 1:52 pm
  24. Dok, saya mau tanya. Saya punya nenek yg usianya sudah sangat tua. Beliau memang positif TB. Tapi yg saya bingung apakah penderita TB mengeluarkan banyak darah (bisa satu kantong plastik lebih) dan berulang2? Setiap kali batuk? Mohon penjelasannya dok.. Terimakasih

    Posted by anisa perwitasari | December 22, 2012, 6:47 am
  25. Salam sejahtera dok.
    Temen saya penderita tb aktif yang tlah di diagnosa 1 bulan yang lalu .apakah temen saya itu boleh melakukan olahraga futsal ya?nd kalau boleh tau ,kalauu berciuman dgn penderita tb itu menular tidak ya dok?
    Terimakasih .Gbu

    Posted by oscarreymond | January 4, 2013, 4:44 am
  26. dok,dua tahun yang lalu paru2 saya terkene fleks.saya sudah melakukan pengobatan ttapi ternyata saya blum positf sembuh.kemungkinan saya akan menjalani pengobatan ulang.pertanyaannya selama proses pengobatan boleh gak saya fitneess,,???

    Posted by iran | January 6, 2013, 11:54 am
  27. dok, sdh 3 hari sy batuk tidak ada dahaknya tp sulit untuk bernapas. apa mnrt dok ini mrupakan awal gejala tbc

    Posted by kukuh | January 8, 2013, 12:08 pm
  28. salamkenal doc,saya mau nanya jika kita sepiring dengan penderita TBC. Apakah penyakit itu akan menular? ,mohon infox trimakasih

    Posted by firda haffa | January 12, 2013, 2:42 am
  29. dok saya baru beberapa hari ini tidak nafsu makan,baan semakin kurus dan akhir2ini susa tidr karena sakit ,,,waktu saya mau tidur dada saya sesak dan ketika batk sakit tapi tidak sampai mengeluarkan darah ,menurut dokter apa saya terinfeksi tbc ??

    Posted by sekar | January 13, 2013, 3:49 pm
  30. istri saya sudah hampir seminggu nyeri dirusuk sblh kanan ketika batuk atau ketika menarik nafas panjang, dan sdg dirawat diRS. hasil USG ada infeksi paru2 dan dokter minta sampel dahak namun setelah dirawat dua hari di RS dahaknya tidak keluar lagi (hanya seperti ludah biasa berwarna putih)namun masih tetap batuk dgn nyeri rusuk mulai berkurang. apakah bisa dikatakan TBC? karna dokter spesialis paru masih langka dan jarang dikota kami.

    Posted by OCTA | January 17, 2013, 9:40 am
  31. dok saya batuk udah sekitar 1 thn dan sudah periksa dahak kepuskesmas 3x dan hasilnya semua negatif,nafsu makan ga berubah BB sedikit naik, apakah saya kena TBC juga dok, mohon penjelasannya.terimakasih

    Posted by sri | January 22, 2013, 10:58 pm
  32. Dokter,,,
    Bapak saya menderita batuk berdahak tapi dahaknya cuma berupa lendir.. dada sesak, berat badan turun..
    Batuknya sdh berbulan-bulan tapi tidak sembuh.
    Bapak saya sudah periksa ke dokter spesialis penyakit dalam tapi dokternya tidak memfonis kalau bapak saya menderita TBC.
    Bapak saya juga sempat dironsen hasilnya kedua paru parunya tampak kabur seperti ada kabutnya..
    Menurut Dokter apakah bapak saya menderita TBC?
    Trimakasih atas jawabannya…

    Posted by Devi | January 25, 2013, 8:16 am
  33. Dok, saya mau bertanya, Ayah saya penderita diabet, namun beberapa hari belakangan ini beliau demam dan susah tidur kalau malam serta lemas. Kami periksakan ke ru mah sakit dan rontgen, ternyata hasilnya beliau terkena tbc.

    Apa yg harus kami lakukan, obat seperti apa utnutk kedua penyakut tsb dapat disembuhkan.

    terima kasih untuk saran nya dok ..

    Posted by Lundy | February 5, 2013, 2:16 pm
  34. dok saya mau tanya
    ini hasil ronsen ibu sy
    pulmo:hili kabur,corakan paru bertambah, tampak perbecakan lunak pd ke 2 lapangan paru,TB paru aktif
    apakah ibu sy terkena TBC?
    thanks doc

    Posted by alisha | February 6, 2013, 9:22 am
  35. dok kl mau gemuk gmn padahal makan udh banyak,makam malam udh.tp tetap kurus

    Posted by rere | February 23, 2013, 4:35 am
  36. dok, saya mau tanya..
    apakah ada aturan khusus dr WHO, CDC, atau PROTAP di RS yang mewajibkan penderita TB harus menggunakan masker pada waktu tertentu (misal saat batuk, berkunjung ke RS)..
    terima kasih

    Posted by Tanti Dewanti | March 8, 2013, 10:58 pm
  37. kalau udah mengikuti prosedur puskesmas tapi masih saja batuk dan dada nyeri, bagaimana mengatasinya dok?

    Posted by al_Anshori | March 13, 2013, 3:34 am
  38. dok mau tanya nih,
    Saya batuk2 udah 1 minggu , tpi batuk nya kadang2, terus pas mau tidur di malam hari, pasti batuk.
    Apakah saya terkena TB dok ?

    Posted by teguh | March 15, 2013, 3:57 am
  39. kata dkter sya skt tbc,tp sya ga batuk apalagi berdahak..gmn cra.y biar sya lekas smbuh.. Mksh :)

    Posted by dede | March 18, 2013, 6:07 pm
  40. Dok, saya punya gejala terkadang ada rasa nyeri di dada sebelah kanan, kalau lagi nyeri sekali, kadang-kadang sesak napas juga. Tapi tidak batuk. Apa itu juga termasuk gejala TBC?

    Posted by Khoir | March 21, 2013, 11:48 am
  41. Dok, dari hasil MCU, saya didiagnosa menderita TBC inaktif. apa maksudnya ya Dok ? Dan apakah ini bisa disembuhkan ? Saya merasa jarang batuk, apalagi selama 3 minggu berturut-turut. saya tidak mengalami semua gelaja TBC yg dipaparkan di atas. Apakah memang saya menderita TBC ?

    Posted by susanti | March 25, 2013, 5:14 am
  42. dok, mau nanya kan umumnya kalo udah 2 minggu pengobatan, penderita TBC udah tidak menularkan TBC nah yg gak umum tuh gimana ???

    trus apakah setelah 2 minggu pengobatan, penderita TBC boleh minum dengan gelas yg sama ato makan dengan sendok yg sama dengan orang yg sehat ??

    makasih sebelumnya dok . .

    Posted by Adnan | March 31, 2013, 11:53 am
  43. Dok,sy mw tnya udh 2mnggu inni sy batuk dahak trs kluar darah merah trus stelah ituu 2hri kemudian batuk dahak sy brubah mnjadi merah kehitaman, apakah ituu sy menderita TBC…

    Posted by viona | April 7, 2013, 2:01 am
  44. Halo dok, saya pernah menderita TBC paru setahun yang lalu dan saya sudah terapi obat selama 6 bulan pada salah satu spesialis paru yang ada di Bali. Terakhir saya di rontgen dan hasilnya di bilang saya sudah sehat dan tidak perlu berobat lagi. Tanpa melakukan test yang lainnya. Padahal saya masih merasakan sakit pada paru2 saya ketika saya tarik nafas panjang. Dan sekarang setelah lewat 6 bulan, di leher saya ada benjolan juga, saya pernah periksa ke THT, saya di diagnosis tb kelenjar. Pengobatan yang bagaimana yang harus saya jalani supaya saya terbebas dari sakit ini?oh ya dulu saya minum obat 6 bulan tanpa stop.

    Posted by Primawati | April 8, 2013, 8:15 am
  45. salam kenal dok

    saya mempunyai tunangan, dulu dia menderita TBC dan telah menjalani pengobatan rutin dan sudah dinyatakan tidak ada kuman penyebab TBC lagi. yang ingin saya tanyakan, apakah gejala yang timbul jika TBC kembali kambuh???

    Posted by dee | April 10, 2013, 5:52 am
  46. Dok saya periksa ke dokter ter indikasi TB, berat badan saya emang ga naik2 tp nafsu makan saya tiap harinya banyak kok.. Itu gmn ya dok? Tku

    Posted by bunga | April 18, 2013, 2:45 am
  47. Saya usia 41 th. Berat badan 44kg. Sejak divonis mengidap TBC berdasarkan rontgen karena sputum negatif, minum obat 4FDC : Rifampicin 150mg, Isoniasid 75mg, Pyrazinamide 400mg dan Ethambutol HCl 275mg mulai tanggal 18 Jan 2013 dosis 3 x 1 minum.Dua bulan pengobatan, hasil foto rontgen menyatakan TBC masih aktif dan relatif tidak ada perubahan dibanding foto rontgen pertama. Kemudian dokter memberikan obat yang sama untuk 1 bulan lagi. Saat kontrol tanggal 18 Apr 2013, saya diberikan obat yang berbeda yaitu Rimactazid : Rifampicin 450mg, Isoniazid 300mg dosis 1 x 1 minum sebelum makan. Ditambah Ethambutol 500mg dosis 2 x 1 minum setelah makan. Pertanyaan saya: 1. Foto rontgen yang relatif sama pada awal deteksi dengan 2 bulan setelah minum obat, apakah berarti tidak ada hasil pengobatan? sedang saya tidak lagi merasakan gejala TBC seperti pada awal pengobatan. 2. Mengapa dokter memberikan obat yang sama untuk 3 bulan? Dari berbagai web saya mendapati bahwa pengobatan intesiv adalah dua bulan pertama. 3. Apakah obat yang diberikan tanggal 18 Apr 2013 tsb. sudah benar? Karena dari berbagai web, untuk pengobatan lanjutan adalah 3 x Rifampicin 150mg dan Isoniazid 150mg. Minum 3 x dalam seminggu. Tolong segera jawabannya pak dokter. Terima kasih sebelumnya.

    Posted by Sariyadi | April 18, 2013, 10:44 pm
    • pengobata TBC memang tdk didasarkan pada gejala saja, tp jg pd fakta di paru2 lewat rontgen.

      Obat TBC standar ya hanya yg bpk sebutkan, tp dr. bisa ngasih obat TBC yg tdk biasa tgt respon kuman TBCnya, jadi terapinya dilanjut saja pak:)

      Posted by DokterCare Team | September 5, 2013, 1:45 am
  48. salam kenal dok,
    dok sy mau tanya, pada subuh hari sehabis berhubungan suami istri. sy tarik nafas panjang tiba2 mau mengeluarkan dahak lalu sy keluarkan dan berdarah sejam kemudian sperti mau batuk lalu sy keluarkan dan berdarah. apakah itu tbc? lalu sy pergi ke dokter spesialis. dia mengatakan bukan,dia mengatakan ini ada luka sedikit pada saat lihat hasil rongten.dan diberikan obat transamin dan capsinat500(15butir).memang pd thn 2000 sy pernah menggunakan brg haram jenis sabu dan merokok. dan pd saat itu sy pernah batuk berdarah dan diberikan obat yg kalau buang air seni berwarna merah selama 6bln. setelah itu sy benar2 sembuh. tp sy jd kaget pd saat kejadian baru2 ini. yg sy takuti apakah itu tbc dan sy takut kalau menularkan kpd anak sy. karena sy sangat sayang keluarga sy. mohon informasinya dok.

    Posted by angel | May 8, 2013, 12:55 pm
  49. dok, untuk ciri2 penyakit tbc kambuh apakah sama dengan ciri2 orang yg baru terkena tbc?

    Posted by DARMA SAPTA | May 17, 2013, 5:17 am
  50. dok, bgm cara mengantisipasi apabila dlm lingkungan kluarga ada yg kena TBC biar anggota kluarga yg lain tdk ketularan. trimakasih

    Posted by ena | May 29, 2013, 4:35 am
  51. Dok, bulan agustus 2011 saya mulai minum obat TB, lalu dinyatakan selesai bulan maret 2012, pengobatan saya lakukan di RS PErsahabatan …tes sputum saya pun setelah 2 minggu pertama s/d terakhir minum obat selalu negatif dan kultur pun tidak tumbuh…sebelum dinyatakan selesai saya di rontgen, lalu dokter bilang ada bekasnya…kemudian bulan April 2013 ada medical check up dari tempat saya bekerja…hasil rotngen yg dokter radiologi baca dari Lab Prodia adalah saya masih dinyatakan TB positif dan Aktif…saya menjadi panik lalu saya konsul lagi ke Dokter RS,Persahabatan…. mereka bilang selama saya tidak ada keluhan dan berat badan saya tidak menurun, saya tidak dinyatakan kambuh..saat mendatangi dokter saya tidak ada keluhan hanya saja setelahnya saya Pilek dan radang tenggorokan, sehingga sesekali saya merasa mual manakala ada ingus atau cairan di hidung or tenggorokan saya yang akan keluar…apakah hal itu termasuk gejala kambuh dok?? tapi Alhamdulillah saya masih nafsu makan, saya juga mengkonsumsi vitamin dan susu kambing.

    lalu dari tempat saya kerja meminta saya follow up trhadap rontgen itu ke RS Fatmawati… dan dokter fatmawati pun satu suara dgn dokter RS PErsahabatan…akhirnya RS PErsahabatan menawarkan saya untuk membuatkan Surat Keterangan jika saya sudh sembuh, dengan melakukan tes BTA 3x dlu… lalu hasilnya 3x negatif… akhirnya saya dibuatkan surat…saya tidak ingin ada beda pendapat dengan lembaga kesehatan manapun, akhirnya saya ingin cross check ke Lab Prodia kmbli dngn membawa hasil semua test sputum, rontgen sebelumnya untuk dibaca ulang, dengan harapan ada jawaban yang menenangkan…tapi ternyata Lab Prodia masih menyatakan saya TB Aktif…selama proses ini saya menjadi sedih sekali, selalu kepikiran/stres, karena tidak ingin kambuh lagi…dengan kondisi masih pilek, tapi berat badan tetap stabil wajah saya juga tidak happy… benar-benar saya khawatir kambuh Dok, apa yang harus saya lakukan dok??

    apakah jika setiap pagi saya morning sick/mual-mual, lalu saat pilek juga sesekali sering mual, merupakan gejala kambuh?? saya masih pernah merasa suhu badan anget-anget jika cuaca sedang dingin/ AC terlalu dingin, ataupun juga saat saya sedang tegang/stress saat memikirkan perbedaan jawaban antara Prodia dengan RS PErsahabatan dan RS Fatmawati tapi jika orang lain sentuh badan saya, mereka blang saya tidak anget or tidak demam,tapi perasaan yang seperti itu jarang sekali saya rasakan, sesekali saja apakah itu juga bisa disebut gejala kambuh Dok??

    tinggi badan saya 160cm, berat badan saya 56 Kg… alhamdulillah saya sering lapar, nafsu makan baik, sekarang saya bingung harus bagaimana Dok, sedangkan tempat saya bekerja menginginkan kepastian

    saya ucapkan terima kasih sebelumnya, semoga dokter mengerti situasi yg saya alami dan tidak bingung seperti saya :)

    *semoga bisa dijawab cepat yaa Dok :D

    Posted by naynay | June 14, 2013, 4:09 am
  52. sy nyeri dada sdh 1 tahun n bru d ketahui slma 4 bulan klo terkena TB.apakah nyeri dada itu tanda klo paru2 sya sdh bgtu parah karena kuman TB?trmksh

    Posted by monika | June 21, 2013, 11:50 am
  53. Dok, ibu saya dulu pernah menderita TBC, sekitar 2 thn yang lalu (2011), dan sudah menjalani pengobatan 6 bulan.
    (saya lupa setelah pengobatan 6 bulan ibu saya periksa lab lagi atau tdk)
    dan sudah sebulan ini ibu saya batuk terus, badan kadang2 demam, nafsu makan menurun, otomatis berat badan juga menurun..
    apakah kemungkinan tbc nya kambuh lagi dok?? untuk memastikan kami hrs periksa ke dokter spesialis apa dok?? –> dulu periksa hanya di puskesmas saja

    Posted by naila | June 22, 2013, 2:48 am
  54. dok, ibu saya sudah 3 mggu ini batuk, tp tdk terus menerus, trkadang sehari dua hari sembuh tp kambuh lg, awalnya 1 minggu pertama tidak berdahak tp akhir2 ini jd batuk berdahak, saya kawatir ibu terkena TBC.
    dan ibu saya juga punya pnyakit asma, apakah batuk yg diderita ibu saya krn asma atau TB ya dok ?
    eh ya dok, pngertian dr Post TB itu apa ? mohon jawabannya

    Posted by oktaa | July 1, 2013, 10:16 am
  55. Dok,saya seorang pegawai swasta.saat ini saya sedang dvonis dokter menderita tb paru aktif.padahal saya tdk merasakan gejala nyeri dada,sesak,nafsu makan ttep.hanya memang sblmnya saya suka demam pas sore ke malam.batuk kdang sembuh kadang muncul lg.saya hampir 2 minggu minum obat.tapi sayangnya saya miss komunikasi sempat 5 hari saya minum obatnya rimstar 1 tablet tiap pagi 1 jam sblm mkan.ternyata harusnya 3 tablet.dn hari ke 6 baru saya minum 3 tablet sampai skrg.pas kontrol hari k 6.dokter bilang ulang lg minum obatnya.tp yg hari ke 6,7,8 saya mengeluarkan dahak campur darah merah htm segar.itu kenapa ya dok?padahal saya sudah minum obat.tp saya tanya k dokter katanya tdk apa2.apa benar dok tdk apa2?soalnya saya takut melihat darahnya.saya sempat takut mengeluarkan dahak karna darah tsb.

    Posted by Ria | July 3, 2013, 3:50 am
  56. dok mau nanya,saya kan anak kesehtan,kmren nolingin pasien lepas infus btrus ad darahnya,nah tbc bisa nuluar lewat darah ga,saya tkut nih dok,klo iya gmna ngatasinnya

    Posted by anty | July 5, 2013, 9:19 am
  57. kakak saya baru priksa ke balai pengobatan paru2,di vonis positif TB.baru sekali minum obat,kluar keringat berlebih..solusinya gmn ya..dia suka batuk tp klo batuk dia buru2 pergi atau tu2p mulut.batuknyapun ga berdahak.bs menular ga..mksh

    Posted by maria ulfa | July 8, 2013, 1:53 pm
  58. Dok mau tanya.
    Adiknya sdh sjak lma sring batuk” dn bdannya mmng dri dlu kurus,namun brpa bulan blkngn in kondisinya makin melemah,stlh dbwa k puskesmas,dan drujuk k rumkit untk ronsen paru.ternyata dya positif trkna TBC dan yg lbh kaget lagi kta dokter dya menderita TBC it sdh menahun,yg sya mau tanyakan,apakah dngn pmberian obt dri skrng dya masih bsa smbuh ?
    Dan apkah orng yg tdur sekamar dngn nya dpt menular dngn cepat?
    Dn untk pkaian ap blh menggunakan pkaian yg prnh dpkai oleh pndrita tpi sblmnya sdh dcci.
    Trma kasih.
    Sya tnggu jwbannya dok

    Posted by damai | July 10, 2013, 2:00 pm
  59. DOk, ada kk kost saya. dy batuk udah sekitar 1 bulan lebih, berdahak, apalagi kalau malam tu malah parah, mukax pucat. kira2 TBC gak ya??

    Posted by silvia w.p | July 16, 2013, 7:06 am
  60. salam kenal dok,
    saya pasca op kelenjar getah bening dkt pankreas, hasil PA menunjukan Limfadenitis kronis tuberculosa. apakah saya jg menderita Tb paru karna tdk ada gejala2 utk Tb paru?apa pengobatannya sama dgn TB paru?trimakasih atas infonya

    Posted by ika | July 23, 2013, 6:40 am
  61. Salam,
    saya mau tanya ‘dok.
    Saya sudah 2 bulan ini mengkonsumsi rimstar.
    Paru-paru kiri saya positive TB.
    Setelah 2 bulan konsumsi rimstar,dari foto thorax saya dokter spesialis saya mengatakan saya harus berobat 9 bulan dimana yang tadinya kata dokter spesialis yang sebelumnya mengecek saya konsumsi minimal 6 bulan.
    Setelah foto terkhir itu, doktr spesialis saya memberikan obat jenis lain yang memang komposisinya sama dengan rimstar namun dosisnya tinggi, sampai saya sembuh total.
    Tampilan foto paru saya itu memang seperti tidak ada perubahan dengan foto yang pertama saat saya mulai berobat.
    Justru kata dokter, TB saya sudah cukup parah dan sebagian paru kiri saya rusak.
    Pertanyaan saya ‘dok, apakah paru kiri saya yang dikatakan sebagiannya “rusak” itu tidak akan bisa baik lagi?
    Kemudian, setelah saya meminum obat jenis lanjutan ini apakah akan ada lagi batuk darah ‘dok?

    Posted by Donaitri | July 26, 2013, 2:43 am
  62. saya penderita supect TB tulang sudah 5thn saya derita, sekarang saya baru brobat kmbali di rs karyadi semarang,namun aktifitas saya do Jakarta, adakah informasi penunjang agar saya dpt berobat dan sembuh ? Dimana saya harus konsul dan berobat domisili saya di daerah benhill jkt pusat,terimakasih, email saya robin.tetuko11@gmail.com

    Posted by robin | August 16, 2013, 8:09 am
  63. dok saya mau tanya,saya punya ank sekitar umur 2th. dan tetangga saya ada yang menderita TBC,dan dia slalu mengajak ank saya untuk bermain seperti bercanda,bertatap muka,bahkan di gendong… yang saya mau tanyakan,kalua seperti itu apakah ada kemungkinan untuk tertular TBC,dan bagaimana cara untuk menanggulanginya. Terima Kasih.

    Posted by bunda Jeo | August 26, 2013, 4:56 am

Post a Comment

Alat Tensi Digital
Tensi Digital Hanya 285ribu, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI 1 tahun
http://masthamedica.com

Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat
Alat Tes Gula darah, Kolesterol, Asam Urat dalam 1 alat, hanya 375ribu, 3ribu sekali periksa, GRATIS ONGKOS KIRIM, GARANSI SELAMANYA
http://masthamedica.com

Alat Tes Masa Subur
Alat Tes Masa Subur yang satu paket dengan Tips-tips hamil dari dr.Bram Irfanda
http://masthamedica.com
Ads by DokterCare

Artikel Terbaru

Limfoma : Pengertian, Penyebab, Gejala, & Pengobatan Limfoma
September 8, 2013
By DokterCare Team
Bahaya Minuman Keras bagi Liver
November 24, 2012
By DokterCare Team
Bahaya Minum Kopi
November 17, 2012
By DokterCare Team