Alasan Mengapa Anda Susah Turunkan Berat Badan, Meskipun Sudah Diet!

Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan setiap orang, namun beberapa kebiasaan yang dijalani setiap hari, justru membuat kita sulit menurunkan berat badan. Berbagai macam teori dan obat diet telah dicoba, namun tetap saja berat badan tidak berkurang.

Berat badan berlebih dapat membuat badan Anda stres. Kebanyakan dari kita yang kesulitan menghadapi berat badan kita. 

Banyak orang yang mengatakan jika diet rendah karbohidrat ampuh menurunkan berat badan. Maka Anda tertarik mencoba diet tersebut, dengan harapan berat badan bisa cepat turun. Namun, sayangnya saat Anda mencoba berat badan susah turun meski sudah melakukan diet rendah karbohidrat cukup lama. Lantas, apa yang menyebabkan berat badan susah turun padahal sudah berdiet?

Kok berat badan susah turun, padahal sudah diet?

1. Kurang Tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap malam, kebiasaan tidur yang kurang dari 5 jam setiap malam, berkaitan dengan penambahan berat badan.

Kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar jadi terganggu. Sehingga Anda menjadi lebih sering makan.

Kurang tidur juga membuat badan terasa lesu sepanjang hari, sehingga membuat Anda malas berolahraga.

2. Tidak Minum Air yang Cukup

Meminum 1 liter cairan/air putih per 25 kg berat badan setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Karena air putih tidak memiliki kalori, sehingga bisa mengobati rasa haus tanpa menambah berat badan.

Cukup minum air putih juga bisa menghindari konsumsi soda, jus atau kopi instan yang memiliki kalori dan gula tinggi, yang sering menjadi penyebab naiknya berat badan.

3. Selalu stres setiap hari

Jangan dianggap sepele, jika secara sadar atau tidak sadar Anda sebenarnya sedang stres dan hal ini dapat mengganggu kelancaran diet Anda. Saat ingin menurunkan berat badan, pastikan dulu bahwa tubuh Anda dalam fungsi yang baik dan kadar hormon stabil.

Jika sepanjang waktu Anda mengalami stres, maka tubuh akan memperbanyak produksi hormon stres seperti kortisol. Nah, hormon ini juga dapat merangsang rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan.

Bila hal ini terjadi, diet Anda tentu saja bisa gagal dan akhirnya berat badan susah turun. Jadi sebaiknya kelola stres dengan baik dengan melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh tenang dan rileks.

4. Menunggu terlalu lama untuk makan

Mungkin Anda berpikir, bahwa dengan mengulur waktu makan, maka akan bisa menurunkan berat badan. Karena tubuh membakar cadangan lemak di tubuh menjadi energi saat kita menahan lapar.

Akan tetapi, ternyata bila kita memberi jeda waktu yang terlalu panjang di antara waktu makan, maka metabolisme tubuh akan melambat. Hal ini mengakibatkan sistem tubuh tidak bisa membakar semua kalori yang masuk saat Anda makan.

Semua ekstra kalori itu bisa menambah berat badan. Anda juga jadi cenderung makan lebih banyak karena terlalu lapar setelah jeda yang panjang. Cobalah untuk makan dengan porsi kecil dan jeda waktu yang lebih sering.

5. Duduk sepanjang hari

Anda yang bekerja di depan komputer dan duduk sepanjang hari, bisa jadi sangat sulit menurunkan berat badan. Saat Anda duduk dalam waktu lama, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mendeteksi kapan Anda makan terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkan berat badan naik dan pola makan berlebihan.

Cobalah untuk bangun dari tempat duduk setiap sepuluh menit, lakukan senam kecil atau peregangan, Anda juga bisa berjalan kaki di kantor mengunjungi rekan sekerja, beramah tamah sambil membuat tubuh tetap sehat.

Mengetahui alasan dan penyebab mengapa sulit menurunkan berat badan walau sudah diet, bisa membantu Anda mencapai target memiliki tubuh ideal dengan lebih baik.

Semoga Sehat Selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *