Cara Ampuh Turunkan Berat Badan, Tanpa Diet!

Menurunkan berat badan tanpa olahraga atau punya tubuh langsing tanpa diet, mungkinkah? Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang malas berolahraga atau terlalu takut merasa lapar, tapi tetap ngotot ingin punya tubuh ramping.

Dewasa ini semakin banyak orang yang merasa kesulitan menjaga berat badan ideal mereka karena faktor gaya hidup dan makanan mereka pilih.

Lalu bagaimana Cara untuk menurunkan berat badan dengan mudah, tanpa diet?

1. Tingkatkan konsumsi makanan kaya serat.

Memangnya makanan yang kaya serat bisa menurunkan berat badan? The answer is yes! Makanan berserat seperti havermut, paprika, beras cokelat, dan kacang-kacangan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dengan cepat dan lebih lama, dan keinginan untuk mengemil akan tertahan! Selain itu, makanan tinggi serat (khususnya chia seeds) juga melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, lho.

2. Perbanyak jam tidur.

Riset dari Harvard dan National Sleep Foundation telah membuktikan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan body mass index dan membuat berat badan naik.

3. Perbanyak santapan kaya protein.

Selain serat, makanan kaya protein seperti telur, tempe dan buah avokad juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang. Ingin sistem yang lebih efektif? Lakukan “Protein Pacing” – makanlah 4-6 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit dan menu yang tinggi protein. Sistem ini bisa membuat tubuh semakin enerjik saat berolahraga dan mendukung penurunan berat badan!

4. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Kebiasaan meminum banyak air putih bisa menurunkan body mass indexlho. Riset telah membuktikan bahwa meminum lebih banyak air putih (2-3 liter dalam sehari) bisa menurunkan berat badan, karena pencernaan menjadi semakin lancar dan kamu juga akan lebih sering berjalan ke kamar mandi untuk membuang air kecil! LOLBut seriously, konsumsi air putih yang cukup harus dijadikan prioritas jika kamu ingin tubuh dan kulit yang sehat. Selain itu, asupan air yang cukup juga bisa menahan keinginan kamu untuk mengemil. So, bawalah botol air dalam tas agar kamu bisa selalu meminum air putih saat bepergian!

5. Tukar camilan dengan makanan sehat.

Apa sih, hal terburuk yang akan terjadi jika kamu menukar satu bungkus keripik kentang dengan camilan yang lebih sehat? Tidak ada! Justru dengan menyantap camilan seperti apel atau roti gandum dengan selai kacang, your body will thank you. Kamu tidak hanya mengisi perut dengan santapan bernutrisi, tetapi juga mengurangi konsumsi MSG yang berbahaya untuk kesehatan!

6. Perhatikan konsumsi minyak.

Did you know? Konsumsi minyak yang berlebihan bisa menambahkan ratusan kalori ke dalam tubuh. Minyak kelapa dan olive oil memang lebih sehat dari minyak biasa, namun kandungan kalorinya tetap sama! Maka dari itu, kurangi makanan berminyak jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan efektif. Good luck!

7. Perhatikan tekstur makanan kamu.

Pernah lupa diri dan menghabiskan satu pint ice cream di rumah? We feel you. Es krim tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki tekstur yang lembut dan meleleh. Karena itu, melahap es krim menjadi semakin mudah! So, perhatikan asupan saat memakan hidangan yang mudah dicerna seperti mashed potatoes atau es krim. Karena tidak perlu banyak mengunyah, kamu pun akan cenderung makan berlebihan. Say no to overeating.

Silahkan dicoba 🙂

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *