Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami perut kembung. Anda juga, bukan? Ya, keluhan yang satu ini memang dapat menyerang setiap golongan usia, mulai dari bayi hingga pada mereka yang sudah tua.

Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang dan bergas. Di samping itu, perut juga bisa terlihat membesar.

Perut kembung terjadi ketika saluran cerna dipenuhi oleh udara atau gas. Meski kelihatan sepele, keluhan ini sesungguhnya sangat mengganggu aktivitas bahkan bisa menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Penyebab Perut Kembung

Makanan tertentu dapat menjadi penyebab gejala perut kembung dan keras, misalnya sayuran yang memiliki warna putih seperti kol dan sawi. Selain itu, menyantap sayuran dengan warna hijau yang mengandung sulfur dan raffinose yang merupakan salah satu jenis karbohidrat tanpa dimasak juga bisa menyebabkan perut jadi kembung.

Raffinose sulit dicerna oleh tubuh karena memiliki struktur trisakarida berupa fruktosa, glukosa, dan galaktosa. Jika sayuran yang mengandung raffinose sudah dimasak dengan baik, proses pencernaan raffinose lebih mudah sehingga tidak akan mengalami gejala perut kembung. Contoh sayuran hijau yang mengandung banyak raffinose adalah brokoli dan kol.

Tidak hanya sayuran, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti cokelat, keju, dan lain-lain juga bisa membuat perut menjadi kembung. Apabila terlalu banyak mengonsumsi lemak, proses pengosongan makanan di perut menjadi terhambat sehingga seseorang bisa terus merasa kenyang dan perutnya terasa penuh. Salah satu ciri-ciri kembung yang disebabkan oleh makanan berlemak biasanya dirasakan di area perut bagian bawah pusar.

Minuman tertentu juga bisa menyebabkan penyebab perut kembung dan keras. Salah satu minuman yang bisa menyebabkan perut jadi kembung adalah minuman bersoda. Konsumsi minuman soda yang berlebihan bisa menyebabkan kembung meskipun sifatnya hanya sementara. Kembung yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda biasanya terasa di perut bagian atas di dekat ulu hati.

Bagaimana Cara Mencegah Perut Kembung ?

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa dengan mudah:

  • Jangan makan terlalu banyak dan terlalu cepat, serta mengunyah makanan hingga benar-benar hancur.
  • Hindari terlalu sering mengunyah permen karet, makan sambil berbicara, dan minum menggunakan sedotan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat menghasilkan gas berlebih, seperti kubis, kacang-kacangan, dan minuman bersoda.
  • Jika Anda tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, pilihlah produk olahan susu yang tidak mengandung laktosa.
  • Berhenti merokok.
  • Jika memakai gigi palsu, gunakan yang ukurannya pas untuk menghindari udara masuk dari sela-sela gigi dan gusi.

Bagaimana Cara Menghilangkan Perut Kembung?

Beberapa cara alami di bawah ini bisa membantumu menghilangkan perut kembung tanpa harus ke dokter:

1. Jahe

Jahe mampu mempercepat pencernaan sehingga gas bisa bergerak lebih cepat menuju usus kecil. Fungsi ini amat berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan kembung dalam perut.

Kombinasi dari jintan dan minyak peppermint juga dianggap bisa mengatasi perut kembung. Campuran kedua bahan tersebut merupakan bahan aktif yang mampu membantu mereka yang memiliki riwayat penyakit maag.

2. Makanan probiotik

Probiotik yang merupakan bakteri baik juga dianggap bisa membantu sistem pencernaan dan mengurangi gas berlebih di perut. Beberapa bahan alami yang mengandung bakteri baik di dalam usus ini adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

3. Teh chamomile

Teh chamomile dapat membantu mengurangi keluhan gangguan pencernaan dan perut kembung. Cobalah meminum teh chamomile sebelum makan dan sebelum tidur untuk meredakan keluhan yang kamu alami.

4. Cuka sari apel

Saat mengalami kembung, cobalah melarutkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam air atau teh. Minumlah sebelum makan, maksimal tiga kali sehari untuk meredakan keluhan yang kamu alami.

5. Memberikan pijatan pada perut

Pijatan pada perut selama 15 menit dapat membantumu mengatasi perut kembung. Tidak hanya itu, cara ini juga diyakini dapat mengurangi keluhan akibat depresi dan gangguan kecemasan.

Jika perut kembung tidak juga mereda segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *