Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Tanpa OBAT

Sakit kepala adalah penyakit yang paling lazin kita temui sehari-hari. Deretan hal yang dapat memicu sakit kepala nampaknya tak bisa dihitung banyaknya. Hanya sesederhana terlambat makan dan kurang istirahat, Anda bisa terserang pusing.

Hal ini membuat banyak sekali yang mengira bahwa penyakit ini tak serius. Meski tak serius, harusnya penyakit ini tak diremehkan karena aktivitas kita akan mudah terganggu lantaran pusing.

Cara menghilangkan sakit kepala ternyata tidak selalu dengan mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol. Terdapat beberapa cara alami yang mudah dilakukan di rumah hingga nyaris tanpa efek samping.

1. Memperbanyak minum air mineral

Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah. Oleh karena itu ketika Anda mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami sakit kepala.

2. Mengkonsumsi kentang

Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain karena justru akan membuat kentang memiliki kentang jenuh seperti kentang goreng.

3. Mengkonsumsi pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Hal itulah yang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

4. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Salah satu penyebab sakit kepala bisa saja karena Anda telat makan atau karena maag. Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah mengkonsumsi obat bisa-bisa maag Anda semakin akut. Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Anda bisa mengkonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

5. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

Wangi minyak kayu putih dan lilin aromaterapi dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran Anda. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih juga bisa menghilangkan sakit kepala. Uap yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda sehingga sakit kepala mereda. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

Nah itu tadi 5 cara untuk mengatasi sakit kepala tanpa perlu minum obat yang bisa Anda coba 🙂

Semoga Sehat Selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *