Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah panca indera yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan mata, kita dapat melihat keindahaan ciptaan Sang Pencipta. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat dunia luar serta beraktifitas dengan lancar. Maka dari itu, kita harus senantiasa bersyukur atas kesehatan mata yang kita miliki dengan cara menjaga kesehatan mata.

Bila mata sehat apapun dapat kita kerjakan. Mata yang sehat akan mudah menerima rangsangan dari luar baik berupa cahaya maupun rangsangan lainnya. Bila mata tidak mudah menerima rangsangan cahaya dari luar, maka kita sulit untuk membedakan objek yang kita lihat. Bila mata kita mengalami masalah tentu saja penglihatan akan bermasalah juga.

Namun sayangnya, kesehatan mata sering kali luput dari perhatian. Padahal, kesehatan mata sangat penting karena mata adalah organ utama yang membuat manusia dapat melihat. Nah, ada beberapa aktifitas yang dapat menganggu kesehatan mata yang secara tidak sadar kita lakukan setiap hari, diantaranya :

  1. Menggunakan HP sambil tiduran
  2. Membaca sambil tiduran atau telungkup
  3. Menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat
  4. Bermain game di komputer lebih dari 3 jam, dsb.

Akibat dari berbagai kegiatan tersebut dapat merusak kesehatan mata seperti, kebutaan, mata minus, silinder, mata plus, rabun jauh, rabun dekat, myopi, katarak, dan sebagainya.

Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata. Mata adalah aset berharga yang kita miliki. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata :

1 . Atur jarak pandang

Saat kita membaca ataupun menonton televisi upayakan untuk jarak antara mata dengan layar monitor minimum 30 cm. Jangan memandang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

2. Makan buah dan sayuran yang mengandung vit A

Perbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel. Wortel mengandung sekitar 835µg Vitamin A pada setiap 100gram-nya. Kandungan Vitamin A tersebut merupakan 93% dari kebutuhan harian kita terhadap Vitamin A. Selain Vitamin A, Wortel juga mengandung Lutein dan Beta-Karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata kita.

3. Gunakan mentimun

Gunakanlah mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata Anda selama 10-15 menit sebelum tidur. Cara ini membantu untuk pencegahan bengkak pada kelopak mata Anda.

4. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata. Selain itu dengan berhenti merokok, Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

Lakukanlah pemeriksaan mata secara teratur, jika usia Anda dibawah 40 tahun lakukan pemeriksaan 3-5 tahun sekali. Jika usia Anda diatas 40 tahun lakukan pemeriksaaan setiap 2 tahun sekali. Namun, jika Anda merasa ada keluhan pada penglihatan Anda, maka segeralah periksa ke dokter mata sekitar tempat tinggal Anda.

6. Metode 20-20-20

Bagi orang-orang yang pekerjaannya menuntut untuk duduk berjam-jam di depan komputer, dianjurkan untuk menerapkan aturan 20/20/20. Artinya tiap 20 menit, sempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

Yuk, senantisa jaga kesehatan mata kita ! Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya~

Semoga sehat selalu @doktercare

(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *