Cegah Kolesterol Jahat Dengan Gaya Hidup Sehat

Sadarkah Anda bahwa di era modern ini, banyak orang yang semakin gemar mengonsumsi makanan instan serta junk food. Bagaimana tidak? Baik produk-produk makanan instan maupun restoran-restoran junk food kini kian menjamur di Indonesia. Ditambah lagi, pekerja kantoran pun seringnya terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak. Akhirnya, pilihan mereka jatuh pada mi, bubur, atau nasi instan yang tinggal direbus atau dihangatkan dalam waktu kurang dari 5 menit. Makanan cepat saji juga menjadi pilihan utama karena penyajiannya yang tak makan waktu lama. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda dapat meningkat drastis?

Masyarakat awam perlu mengetahui bahwa ada dua jenis kolesterol dalam kandungan darah kita, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol yang jahat (LDL). Kadar kolesterol LDL tinggi (hiperkolesterolemia) adalah kondisi saat tingkat kolesterol dalam darah lebih tinggi dari tingkat normal yang dibutuhkan tubuh. Namun banyak orang yang kurang menyadari bahwa kelebihan kadar kolesterol jahat ini bisa berakibat negatif bagi penderitanya.

Perlu Anda ketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk itu cegah kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat. Penyebab Anda terkena kolesterol bisa saja karena makanan dan gaya hidup yang tidak bagus, mulai dari jarang berolahraga hingga sering merokok dan meminum alkohol. Sebelum terlalu parah, ada bagusnya cegah kadar kolestrol jahat dalam tubuh dengan mengubah gaya hidup Anda. Seperti apa gaya hidup yang dapat mencegah kolestrol jahat Anda?

1. Olahraga teratur

Salah satu cara untuk cegah kolesterol jahat Anda adalah dengan menjaga berat badan agar tidak sampai terkena obesitas. Karenanya, demi menurunkan berat badan, berolahragalah sekitar 30 menit dalam sehari. Tidak harus olahraga berat, Anda cukup berjalan-jalan kecil di sekitar perumahan, berjalan di sekitar kantor ketika jam makan siang, naik sepeda, berenang, dan melakukan olahraga lainnya yang Anda sukai.

2. Jauhi makanan berlemak

Lemak adalah salah satu senyawa yang membuat berat badan Anda naik dan kadar kolestrol meningkat. Karenanya, jauhilah makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging merah dan produk susu. Sebab, produk-produk tersebut dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat. Jika Anda ingin sekali mengonsumsinya, pastikan kalori yang didapatkan dari makanan tersebut tidak lebih dari 7%. Selain itu, hindari pula panganan seperti  cookiescrackers, dan makanan ringan karena lemak trans yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kolestrol jahat dan menurunkan kadar kolestrol baik.

Tidak semua lemak dapat meningkatkan kolesterol. Lemak baik membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan seperti minyak zaitun, alpukat, ikan, biji rami, dan kacang-kacangan mengandung lemak baik seperti omega-3. Asam lemak ini menurunkan jumlah trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol.

3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Anda tentunya tahu bahwa sayur dan buah-buahan mengandung serat yang rendah kolestrol sehingga tidak berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Buah dan sayuran merupakan makanan penurun kolesterol. Selain itu, kedua bahan pangan ini juga dapat menjadikan jantung Anda semakin sehat. Nah, untuk mempertahankan kadar kolesterol dan berat badan yang ideal, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan sebagai cemilan atau memakan dried apple snack sebagai pilihan. Anda juga bisa membuatnya menjadi jenis jus penurun kolesterol tinggi.

4. Hitunglah kadar kolesterol

Hitunglah selalu kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda setiap harinya. Lho, memang kenapa? Sebab dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur frekuensi Anda berolahraga dengan mengetahui kadar kolesterol tersebut. Wah, harus mulai disiplin, nih! Bagi Anda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda, tidak usah kwatir. Anda bisa mengecek kadar kolesterol dalam tubuh Anda setiap saat. Anda tidak perlu datang ke klinik ataupun rumah sakit hanya untuk mengecek kadar kolesterol Anda. Anda bisa dengan mudah melakukan cek kolesterol dirumah Anda, karena kini sudah banyak alat tes kolesterol yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Yuk, cegah kolesterol jahat dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk! Terapkan gaya hidup sehat! Selamat mencoba! (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *