Jerawatan? Ini Penyebab Jerawatmu!

Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit.

Jerawat bahkan tak hanya dapat muncul di bagian wajah, namun leher, punggung, bahu dan dada juga kerap diserang jerawat. Mengapa? Ini karena area-area tersebutlah yang memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak ketimbang area tubuh lainnya. Bukan karena masa pubertas lagi, melainkan ini disebabkan oleh faktor kelenjar minyak sebagai penyebab munculnya jerawat.

Apa Sih Penyebab Timbulnya Jerawat?

Penyebab timbulnya jerawat pada dasarnya tak selalu bergantung pada usia yang masih remaja atau sudah dewasa. Namun jerawat juga bisa muncul karena beberapa kondisi berikut :

1. Produksi sebum berlebih.

Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

2. Sumbatan pada folikel rambut.

Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum. Berlebihnya sel-sel kulit mati sehingga terjadi iritasi di bagian pori-pori.

3. Bakteri.

Perkembangan bakteri pada kulit. Kulit alergi dengan jamur. Jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.

4. Hormon.

Aktivitas hormon androgen berlebih dapat menyebabkan jerawat.

5. Pola makan yang kurang baik.

Kerap mengonsumsi makanan-makanan dengan zat pemicu inflamasi serta alkohol, coklat, makanan yang mengandung gluten, kafein, hingga makanan dari tepung juga dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Nah itulah beberapa penyebab jerawatmu.

Semoga sehat selalu,

@doktercare
(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *