Mata Bintitan dan Cara Mudah Mengatasinya

Salah satu gangguan kecil yang menimbulkan rasa malu adalah bintitan (stye). Suatu benjolan merah menyakitkan di dekat tepi kelopak mata yang terlihat seperti bisul atau jerawat. Tanpa perlu intervensi, bintitan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, membutuhkan waktu beberapa hari.

Bintitan atau yang dalam bahasa medis disebut hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap.

Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar.

Mengapa mata bisa bintitan?

Pada mata Anda terdapat kelenjar minyak yang bisa tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak. Jika kelenjar minyak tersumbat, berbagai bakteri seperti Staphylococcus aureus akan tumbuh dan menyebabkan infeksi. Inilah yang mengakibatkan mata bintitan. Kotoran yang menyumbat kelenjar minyak biasanya muncul akibat tangan kotor yang menyentuh mata. Selain itu, risiko Anda mengalami mata bintitan akan meningkat apabila Anda mengidap blefaritis atau radang kelopak mata. Mata bintitan bukanlah suatu penyakit yang serius. Biasanya gejalanya akan mereda sendiri dalam kurun waktu seminggu.

Cara mengatasi mata bintitan dengan cepat

Hampir semua orang pernah mengalami mata bintitan. Walau tampaknya tidak begitu serius dan benjolan yang muncul berukuran kecil, mata bintitan bisa sangat mengganggu hari-hari Anda. Apalagi jika Anda sedang ada acara penting dan harus bertemu banyak orang. Wah, mata bintitan bisa jadi masalah besar. Untuk itu, Anda perlu cara cepat yang ampuh hilangkan mata bintitan dengan bahan-bahan sederhana yang bisa Anda temukan di dapur Anda sendiri. Perhatikan baik-baik lima trik berikut ini.

1. Kompres air hangat

Cara ini sudah dikenal sejak lama untuk hilangkan mata bintitan. Siapkan kain lembut yang sudah direndam di air hangat (jangan terlalu panas, tapi sebaiknya jauh lebih hangat dari suhu ruangan). Kompres pada mata bintitan Anda selama 15 sampai 20 menit. Anda bisa mengulangi kompres ini tiga hingga empat kali sehari sampai bintitan hilang. Kompres hangat bisa membantu mengeluarkan nanah pada bintitan secara alamiah sehingga infeksinya tidak menyebar.

2. Kompres dengan kantong teh celup

Untuk efek yang lebih cepat dan efektif, Anda bisa mengganti kompres air hangat dengan kompres teh. Kompres teh hijau atau teh kamomil terbukti paling baik untuk menangani mata bintitan. Ini karena teh hijau dan teh kamomil memiliki fungsi antibakteri yang bisa meredakan infeksi. Rendam kantong teh celup Anda dalam air panas selama kira-kira tiga menit. Angkat kantong teh celup dan biarkan sampai suhunya menurun (tapi tetap hangat) dan sisa-sisa air sudah merembes ke luar sehingga kompres teh tidak akan terlalu membasahi mata. Kompres pada mata yang bintitan selama kira-kira 15 menit dan ulangi kompres ini selama beberapa kali sehari.

3. Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang berguna sebagai analgesik atau pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus. Maka, lidah buaya adalah salah satu solusi yang efektif untuk hilangkan mata bintitan. Siapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud. Kemudian oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Anda bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang.

4. Daun ketumbar

Membersihkan mata yang bintitan dengan daun ketumbar ternyata ampuh untuk meredakan infeksi dan pembengkakan. Daun ketumbar berkhasiat sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga mata bintitan yang disebabkan oleh kotoran dan bakteri akan hilang lebih cepat. Rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Kemudian tiriskan dan tunggu hingga agak dingin. Setelah itu, usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan. Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih cepat, Anda juga bisa langsung meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.

5. Air garam

Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan. Untuk memanfaatkan garam sebagai antiseptik alami, larutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga rata. Lalu celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan letakkan pada mata yang bintitan seperti kompres. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

Pencegahan Bintitan

Menjaga kebersihan mata adalah langkah terpenting agar terhindar dari bintitan. Proses tersebut dapat kita lakukan melalui langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Jangan menggosok mata. Tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
  • Lindungi mata Anda dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
  • Jika Anda memakai lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
  • Perhatikan kosmetik yang Anda gunakan. Hindari kosmetik yang kedaluwarsa, bersihkan dandanan pada mata sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah Anda gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan.
  • Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama.

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *