Mudah Lelah? Hati” 10 Tanda Lemah Jantung Yang Jarang Disadari

Apa itu lemah jantung?

Lemah jantung, atau dalam bahasa medis disebut kardiomiopati, merupakan penyakit yang menyerang otot jantung. Akibatnya jantung dapat menjadi lebih besar (dilated cardiomyopathy), lebih tebal (hypertrophic cardiomyopathy), ataupun lebih kaku (restrictive cardiomyopathy).  Kondisi ini sering kali terjadi saat jantung tidak dapat memompa atau berfungsi dengan baik. Penyakit jantung yang perlu diwaspadai saat ini adalah lemah jantung sebab banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terkena lemah jantung.

Lalu Apa saja tanda-tanda lemah jantung?

Berikut ini adalah tanda-tanda lemah jantung yang perlu diwaspadai :

  1. Mudah Lelah

Orang yang mengalami lemah jantung bisa dikatakan memiliki fisik yang lemah. Dia tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang berat dan menguras tenaga. Hal itu dikarenakan orang yang mengalami lemah jantung akan mudah sekali merasakan kelelahan. Tubuh merasakan mudah lelah dikarenakan jantung lemah ketika mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya organ yang ada di dalam tubuh kekurangan asupan darah terlebih lagi otak.

  1. Mengalami Batuk Kronis

Ciri lainnya seseorang yang mengalami lemah jantung adalah dia akan mengalami batuk yang kronis. Alasannya adalah akibat kinerja jantung yang lemah, paru paru mengalami kelainan fungsi sehingga di dalam organ paru paru terdapat penumpukan cairan. Tidak hanya itu saja, cairan tersebut bisa bercampur dengan darah yang mengendap di dalam paru-paru.

  1. Kurang Konsentrasi

Orang yang lemah jantung akan kesulitan untuk memecahkan suatu masalah dengan pikirannya. Alasan orang yang lemah jantung tidak bisa konsentrasi dikarenakan asupan darah atau aliran darah menuju ke otak tidak lancar sehingga otak kekurangan asupan darah atau aliran darah.

  1. Terganggunya Pikiran

Gangguan pikiran ini bisa disebabkan karena otak kekurangan asupan darah dalam jangka waktu yang lama. Hal itu bisa terjadi pada orang yang mengalami lemah jantung namun tidak melakukan pengobatan. Otak akan kehilangan fungsinya dari hari ke hari dan hal tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan terganggunya pikiran.

  1. Detak Jantung Cepat

Tanda orang yang terkena jantung lemah lainnya adalah dia akan mengalami jantung berdebar debar. Hal itu dikarenakan kemampuan jantung yang lemah dalam memompa darah ke seluruh tubuh akan membuat denyut nadi juga terasa cepat. Denyut nadi yang cepat justru membuat jantung akan berdebar lebih cepat sehingga penderita lemah jantung akan merasakan jantungnya terasa berdebar debar dan detaknya lebih cepat.

  1. Bengkak

Saat aliran darah menuju ke seluruh tubuh terganggu organ yang bisa mengalami kerusakan ketika aliran darah ke seluruh tubuh terganggu adalah ginjal. Ginjal membutuhkan asupan darah yang cukup untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Saat darah tidak maksimal menuju ke ginjal, ginjal tersebut akan menghasilkan hormon yang berlebihan. Hormon yang berlebihan itu menyebabkan tubuh terutama di bagian pergelangan tangan dan kaki mengalami pembengkakan akibat ginjal mengakumulasi garam dan juga air di bagian tubuh tersebut.

  1. Memiliki Berat Badan yang Stabil atau Menurun

Orang yang lemah jantung cenderung akan memiliki berat badan yang stabil bahkan cenderung memiliki badan yang kurus. Sulit bagi penderita lemah jantung untuk menaikkan berat badannya. Hal itu dikarenakan penyerapan nutrisi dan pemecahan nutrisi makanan melambat. Akibatnya nutrisi tidak bisa diserap tubuh secara maksimal. Jika orang gemuk memiliki lemah jantung lambat laun berat badannya akan menurun.

  1. Telapak Tangan Sering Berkeringat Dingin

Jika anda sering mengeluarkan keringat dingin di bagian telapak tangan anda bisa jadi anda menderita lemah jantung. Keringat dingin yang berlebihan sering dijadikan sebagai patokan apakah ada penyakit yang serius pada tubuh seseorang. Sebenarnya ada banyak penyebab telapak tangan berkeringat salah satunya adalah lemah jantung.

  1. Nafsu Makan Menurun

Penyebab nafsu makan menurun pada orang yang mengalami lemah jantung dikarenakan kurangnya asupan darah di bagian organ pencernaan. Ketika organ pencernaan telah bekerja dengan maksimal namun asupan darah di bagian organ pencernaan berkurang akibatnya muncul rasa mual dan rasa kenyang yang berlebihan padahal perut belum terisi dengan cukup makanan. Hal itulah yang menyebabkan seseorang yang memiliki jantung lemah tidaak memiliki nafsu makan yang baik.

  1. Sering Mengalami Sesak Nafas

Sesak nafas pada orang yang lemah jantung ini mirip dengan penyakit asma. Orang yang mengalami lemah jantung akan mudah sekali mengalami sesak nafas, terutama disaat kelelahan atau banyak melakukan kegiatan yang berat. Penyebab sesak nafas pada orang yang lemah jantung adalah lemahnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh akan membuat darah yang seharusnya menuju ke seluruh tubuh justru masuk ke pembuluh darah manusia. Tugas pembuluh darah itu sebagai pembawa oksigen ke bagian paru paru dan jantung. Sistem pernafasan pun menjadi terganggu sehingga sesak nafas akan menjadi muncul.

Itulah tanda tanda lemah jantung yang perlu diwaspadai. Mengenali diri sendiri sangat penting sehingga ketika anda merasakan tubuh tidak nyaman seperti biasanya atau merasakan tanda tanda lemah jantung diatas anda bisa segera berkonsultasi kepada dokter.

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *