Nyeri Kepala? Bisa Jadi Tumor Otak!

Apa Sih Tumor Otak Itu?

Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Dikarenakan otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, organ lainnya dapat terganggu, sehingga kematian dapat terjadi. Tumor otak bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang orang usia produktif atau dewasa.

Tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Namun pada kasus tumor otak jinak, saat mereka tumbuh, mereka dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya, yang dapat berakibat pada kelumpuhan ataupun fatal.

Tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam atau di sekitar organ otak.  Ada bermacam-macam jenis tumor otak yang dibedakan ke dalam dua kelompok berdasarkan perkembangannya, yaitu tumor jinak (tidak bersifat kanker) dan tumor ganas (bersifat kanker).

Tumor di otak tidak selalu menyebabkan kanker, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan kanker. Seseorang dapat mengalami tumor pada beberapa sel di otak atau karena kanker dari bagian tubuh lainnya menyebar ke otak (metastasis).

Apa penyebab Tumor otak?

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab tumor otak, tapi beberapa peneliti menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik dan paparan bahan kimia berbahaya.

Tumor otak dapat muncul akibat otak itu sendiri (tumor otak primer) yang memiliki tumor, atau disebabkan oleh penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya (tumor otak sekunder).

Penyebab tumor otak primer berasal dari otak sendiri atau jaringan sekitar otak, seperti pada meninges, saraf kranial, kelenjar pituitari, atau kelenjar pineal.

Sementara penyebab tumor otak sekunder atau metastatis adalah jaringan abnormal yang terjadi pada bagian tubuh lainnya yang kemudian menyebar ke otak. Orang yang pernah mengalami kanker dapat mengalami jenis tumor di otak ini.

Gejala tumor otak yang harus diwaspadai

1. Sakit kepala

Bisa sangat sulit untuk bisa membedakan mana sakit kepala biasa yang disebabkan kondisi lain dan mana yang timbul sebagai gejala tumor otak, bahkan bagi dokter sekalipun. Petunjuk terbaik Anda adalah jika sakit kepala tersebut hadir baru-baru ini dan terjadi terus-menerus tanpa ada tanda pulih serta tidak menanggapi pengobatan apapun.

“Sakit kepala ini cenderung memburuk dari waktu ke waktu dan sering hadir saat Anda bangun di pagi hari, ketika ada peningkatan tekanan otak normal akibat berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama,” ungkap Mike Chen, MD, PhD, associate professor, divisi bedah saraf, departemen pembedahan di RS City of Hope, dilansir dari Reader’s Digest.

Tingkat keparahan sakit kepala dapat sangat bervariasi terlepas dari besar-kecilnya ukuran atau pertumbuhan tumor di otak. Dan tidak ada jenis sakit kepala tertentu yang bisa memprediksi apakah seseorang memiliki tumor otak atau tidak. Namun demikian, “Sakit kepala sering kali bukan merupakan salah satu gejala tumor otak yang muncul pertama,” kata Theodore Schwartz, MD, seorang ahli bedah saraf di Weill Cornell Brain and Spine Center, dilansir dari Prevention.

2. Mual muntah

Mual dan muntah adalah hal yang biasa. Namun jika Anda terus menerus mual dan muntah tanpa sebab, apalagi jika Anda tidak sedang hamil, ini patut diwaspadai. Mual dan muntah tanpa alasan yang jelas bisa menjadi gejala tumor otak yang patut Anda waspadai.

3. Penglihatan kabur

Penglihatan kabur, penglihatan ganda, dan kehilangan penglihatan bertahap semuanya terkait dengan tumor, ungkap Schwartz. Anda mungkin juga melihat titik-titik putih atau bentuk apung di jarak pandang Anda, yang dikenal sebagai “aura”.

Tapi seringnya gejala khusus ini mungkin disadari sama sekali bagi yang mengalaminya — apalagi mengaitkannya dengan gejala tumor otak. Gejala khusus atau gangguan penglihatan tepi ini dikenal sebagai hemianopsia bitemporal.

Anda bahkan mungkin tidak begitu memperhatikan perubahan kualitas penglihatan mata Anda sampai Anda terus-menerus dihadapkan dengan sejumlah keteledoran hari-hari yang terkait dengan masalah penglihatan, misalnya kejedot tembok karena salah memperkirakan jarak atau bahkan kecelakaan mobil berulang kali. Uniknya, tumor otak adalah salah satu dari banyak kondisi yang dapat didiagnosis oleh dokter mata.

Pengobatan Tumor Otak

Diagnosis dan pengobatan yang dilakukan sejak dini akan mempermudah penanganan pada tumor otak. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menjadi bertambah serius. Tumor otak biasanya tidak menyebar dan hanya diam di satu tempat saja. Meskipun begitu, tumor otak bisa memberikan tekanan dan merusak area di sekitarnya. Pengobatan yang dilakukan bergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tumor.

Prosedur operasi pengangkatan tumor biasanya memberikan hasil efektif dan tumor tidak muncul kembali.

Namun pada kasus tumor otak glioma stadium 2, seringkali kondisi tersebut muncul kembali setelah penderitanya menjalani pengobatan. Selain itu, tumor tersebut juga berpotensi berubah menjadi tumor otak ganas dengan penyebaran dan pertumbuhan yang lebih cepat.

Untuk membantu proses pemulihan, dokter akan menyarankan beberapa jenis terapi. Anda bisa membicarakan mengenai dampak emosional dari diagnosis dan pengobatan tumor dengan melakukan konseling.

Bagaimana cara mencegah tumor otak bila ada riwayat keluarga dengan penyakit ini?

Anda tidak perlu stres dan menjadi tertekan karena mempunyai anggota keluarga yang pernah mengalami tumor pada otak. Tentu, semua itu juga dipengaruhi oleh berbagai faktor risiko yang lain seperti pola hidup hingga paparan radiasi.

Karena memang belum diketahui secara pasti apa penyebab tumor otak, maka Anda tidak bisa mencegah kondisi ini. Namun, jangan khawatir Anda tetap dapat memperkecil peluang dan risiko tumor pada otak.

Memperkecil risiko tumor pada otak bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat, berolahraga dengan rutin, meninggalkan kebiasaan merokok, dan mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Semoga Sehat Selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *