Seberapa Penting Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal?

Kapan terakhir kali Anda mengecek tekanan darah Anda?

Apakah tekanan darah Anda terus stabil?

Pada umumnya tekanan pada darah akan naik turun dan berubah sehari-hari. Hal ini dipengaruhi oleh seiring dengan naik turunnya berat badan Anda. Sesuai dengan pedoman nasional dan penelitian terbaru, kehilangan berat badan mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, dan berpotensi menghilangkan tekanan darah tinggi.  Untuk setiap 10 kg yang terbuang dari kelebihan berat badan Anda, Anda bisa menurunkan tekanan sistolik sebanyak 5-20 poin.

Tekanan darah juga akan meningkat sesuai dengan usia, sehingga seiring bertambahnya usia semakin penting untuk mengetahui jumlah tekanan pada darah Anda dan apa yang bisa kita lakukan untuk menjaganya agar tetap berada dalam kisaran “normal.”

Hal ini bisa diatasi dengan menyesuaikan rencana makan Anda untuk menikmati lebih banyak jenis makanan, dan lakukan aktivitas fisik secara teratur. Bertanggung jawablah atas diri Anda dan tekanan pada  darah Anda mulai hari ini.

Kendalikan tekanan darah Anda agar tetap normal, supaya terhindar dari penyakit

Anda dikatakan memiliki tekanan darah normal jika hasilnya menunjukkan angka kurang atau sama dengan 120/60 mmHg. Lebih dari itu, Anda berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Memang, ketika lebih dari angka tersebut belum tentu Anda mengalami hipertensi. Namun jika hasil tekanan darah telah menunjukkan lebih atau sama dengan 140/90 mmHg, Anda kemungkinan besar mengalami hipertensi.

Hipertensi sayangnya tidak dapat disembuhkan tapi bisa dikendalikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa pasien hipertensi yang dapat mengendalikan tekanan darahnya dengan baik, maka dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mematikan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa risiko penyakit ikut turun seiring dengan penurunan tekanan darah, seperti:

  • Risiko penyakit jantung menurun 24 persen
  • Risiko stroke menurun 40 persen
  • Risiko kematian menurun sebanyak 21 persen

Tekanan darah harus dipantau dengan rutin

Seseorang dengan risiko tekanan darah tinggi disarankan rajin menjaga tekanan darah dan melakukan cek tekanan darah. Adapun mereka yang berisiko memiliki tekanan darah tinggi antara lain adalah pria berusia 45 tahun, wanita berusia 65 tahun, berat badan berlebih atau obesitas,  merokok dan banyak minum alkohol, tidak melakukan olahraga atau tidak aktif beraktivitas, memiliki keluarga dengan riwayat tekanan darah tinggi, kurang asupan kalium, kurang asupan vitamin D, atau mengalami stres.

Selain beberapa kondisi di atas, risiko tekanan darah tinggi juga bisa meningkat jika Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan. Misalnya memiliki penyakit jantung, mengalami gangguan tidur, serta diabetes.

Jika Anda memiliki kondisi seperti di atas, dianjurkan teratur melakukan cek tekanan darah. Sebaiknya, Anda mulai sekarang memantau tekanan darah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Memang, banyak yang mengira kalau hal ini merepotkan karena harus pergi ke dokter dulu untuk memeriksakan tekanan darah.

Namun, untuk memantau tekanan darah normal Anda bisa melakukan pemeriksaan di rumah kok. Sekarang ini sudah banyak alat pemeriksaan tekanan darah digital yang mudah digunakan.

Terapkan gaya hidup sehat agar tekanan darah Anda tetap normal

Supaya memiliki tekanan darah normal, sebaiknya Anda mulai sekarang menerapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari pemilihan makanan yang sehat, seperti menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi. Alih-alih mengonsumsi makanan tersebut, Anda bisa memilih makanan yang kaya vitamin, mineral, serat, seperti sayur dan buah.

Buat jadwal olahraga rutin, supaya lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibakar dan tidak menghambat aliran darah. Tak perlu ke gym atau pusat olahraga, Anda bisa melakukan olahraga yang mudah seperti jogging di area rumah Anda setiap hari.

Usahakan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari untuk menghindari tekanan darah melonjak tinggi.

Nah jadi, menjaga tekanan darah agar tetap normal sama halnya dengan membentengi diri Anda dari penyakit yang berbahaya. Dengan mengetahui tekanan darah Anda, Anda bisa mengontrol kesehatan Anda dan melakukan yang terbaik untuk diri Anda. Mulai sekarang cintailah diri Anda! (dn)

Semoga sehat selalu,

@doktercare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *