Tangan Bengkak Saat Memegang Es? Awas Urtikaria Dingin!

Apa itu Urtikaria dingin?

Urtikaria dingin atau yang lebih dikenal dengan istilah alergi dingin adalah reaksi kulit dalam kurun waktu beberapa menit setelah Anda terkena paparan dingin, baik dari air maupun udara.

Banyak orang ingin berlibur ke daerah yang dingin agar bisa menikmati kesejukan udara. Namun, nyatanya tidak semua orang suka dengan suhu yang dingin. Orang yang memiliki alergi dingin alias urtikaria dingin pasti malah menghindari apa pun yang dingin. Kalau tidak, gatal-gatal akan menyerang dan menggaggu aktivitas.

Apa saja tanda-tanda dan gejala alergi dingin?

Gejala alergi dingin ini pada setiap orang mungkin akan berbeda-beda. Beberapa orang mungkin memunculkan gejala alergi dingin yang cenderung ringan, tapi beberapa lainnya mengalami syok anafilaktik seperti penurunan tekanan darah secara drastis, tidak bisa bernapas, hingga pingsan.

Gejala-gejala umum dari alergi dingin adalah:

1. Gatal-gatal dan muncul ruam kemerahan

Gejala alergi dingin satu ini cenderung sulit hilang meski penderitanya berpindah ke lingkungan yang lebih hangat. Dalam beberapa kasus, gejala alergi dingin dapat memburuk dan bertahan hingga 24 jam atau bahkan lebih.

2. Tangan bengkak

Selain di tangan, pembengkakan akibat alergi dingin juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya. Bahkan dalam kasus yang paling berbahaya, pembengkakan dapat terjadi di bagian lidah dan tenggorokan dan membuat seseorang mengalami edema faring. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis, hal ini dapat menyebabkan seseorang sulit bernapas dan bisa berujung pada kematian.

3. Muncul bentol-bentol merah

Paparan alergi dingin membuat sel darah putih melepaskan histamin ke aliran darah. Akibatnya, tubuh memberikan respon peradangan dengan memunculkan bentol merah, bengkak, gatal, dan perubahan kulit lainnya yang umum terjadi sebagai reaksi alergi.

Pengobatan dan Pencegahan Alergi Dingin

Dalam kasus yang parah, alergi dingin dapat menimbulkan stres yang tidak semestinya, terutama karena gejalanya sering disalahartikan dengan penyakit lain. Itu sebabnya, jangan sepelekan gejala alergi yang Anda alami. Pada prinsipnya, alergi dingin tidak bisa benar-benar sembuh. Namun, pengobatan dan pencegahan yang tepat dapat mengatasi masalah alergi dingin.

Pencegahan alergi dingin, pastinya Anda harus menghindari paparan segala sesuatu yang bersifat dingin. Sebagai contoh, selalu sediakan jaket, khususnya jika Anda akan menghabiskan waktu di tempat atau ruangan yang dingin. Selain itu, hindari konsumsi air es atau air dingin terlalu banyak.  Ada kadar yang masih memungkinkan bagi Anda untuk tetap bisa mengonsumsi minuman dingin atau es batu.

Pengobatan Alergi Dingin, Jika memang reaksi alergi dingin sudah terlanjur terjadi, Anda dapat mengonsumsi obat jenis antihistamin yang bisa diresepkan oleh dokter setelah ada kepastian bahwa Anda mengalami alergi dingin. Perlu juga diperhatikan bahwa ketika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasari alergi dingin tersebut, Anda perlu mengatasinya.

Meskipun masalah alergi dingin tidak dapat benar-benar disembuhkan, namun jangan panik! Anda tetap bisa mengontrolnya agar alergi tidak menghantui Anda. Hingga kini, satu-satunya cara yang paling efektif dalam mengatasi alergi adalah dengan menghindari pemicunya. Tetapi jika alergi dingin yang Anda alami memburuk, segera periksa ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *