Tentang Sariawan Yang Perlu Anda Tahu!

Pengertian Sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncuk pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitiscanker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

Apa Saja Penyebab dan Gejala Sariawan?

Sebenarnya tidak diketahui pasti penyebab timbulnya sariawan. Namun beberapa kejadian seperti bagian dalam mulut yang tergigit saat mengunyah dan sikatan gigi yang terlalu kuat, diyakini dapat memicu munculnya sariawan.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Siapapun dapat mengalami sariawan, tapi memang lebih sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa muda. Beberapa orang yang rentan sariawan bisa mengalami sariawan yang lebih parah.

Meskipun rasa perih yang ditimbulkannya tidak menyenangkan, tapi sariawan biasanya tidak berbahaya dan seiring berjalannya waktu, dapat hilang dengan sendirinya.

 

7 Bahan Alami Ampuh Atasi Sariawan

Meski sariawan tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan pun bisa sangat lama sembuhnya, sekitar satu sampai dua minggu. Maka, bukannya tidak mungkin sariawan bikin Anda jadi tidak nafsu makan dan malas berbasa-basi dengan orang sekitar.

Umumnya, sariawan dapat sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, banyak orang yang tidak mampu menahan rasa perih ketika luka sariawan digunakan untuk makan, minum, maupun berbicara sehingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan obat yang dijual bebas.

Nah, untuk meminimalisir resiko memilih obat yang tidak aman, berikut ini cara alami yang dapat kamu coba untuk menyembuhkan sariawan.

1. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2. Larutan Garam

Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih 30 menit, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda.

Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dapat mencegah sariawan Anda berkembang semakin parah.

Tak perlu banyak, satu setengah sendok teh cukup untuk membuat larutan ini.

3. Lidah Buaya

Mengoleskan gel atau jus lidah buaya di daerah yang terkena sariawan, dapat mengurangi rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya juga berkerja sebagai antiseptik alami. Selain itu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivriral. Tidak hanya sariawan, tapi beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kesehatan mulut, bisul mulut, radang mulut, dapat disembuhkan dengan lidah buaya.

4. Es Batu

Dinginnya es batu mampu mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin tersebut memperlambat aliran darah menuju sariawan, karenanya mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

5. Kantong Teh Bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi, menurut American Academy of Periodontology.

Caranya cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

6. Yoghurt

Yogurt mengandung probiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur. Bakteri Lactobacillus yang ada di dalamnya mampu menyebar ke dalam tubuh melewati usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mengobati sariawan, pilih yogurt yang tidak mengandung pemanis karena gula memberikan lingkungan yang kondusif bagi jamur untuk tumbuh. Yogurt dapat diminum langsung ataupun dioleskan ke luka sariawan dan dibiarkan selama 5-10 menit sebelum dibilas.

7. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat mengobati sariawan Anda. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Anda bisa merebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

Jika obat sariawan alami dan berbagai cara di atas tidak membuat sariawan sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan. Apalagi jika luka sariawan ternyata terus berulang, semakin membesar, menyebar, berlangsung selama tiga minggu atau lebih, dan terasa sangat sakit, bahkan jika sudah menelan obat antinyeri. Konsultasikan juga ke dokter jika Anda merasa kesulitan untuk minum atau menderita demam tinggi ketika sariawan.

Memang banyak obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan, tapi mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Jagalah selalu kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, agar sariawan tidak datang lagi.

Semoga Sehat Selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *