Wajib Tahu! Usia Berapakah Jerawat Tidak Tumbuh Lagi?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat yang timbul ketika masih di usia remaja memang tampak normal namun jika sudah lewat dari masa tersebut dan tetap sering atau terkadang muncul jerawat, perlukah untuk khawatir? Berbagai masalah kulit timbul sejak dari masa pubertas dan bila masa remaja telah lewat, masalah kulit seperti jerawat pun pada umumnya akan hilang sendiri.

Pada Usia Berapa Jerawat Tidak Tumbuh Lagi?
Pada dasarnya, munculnya jerawat tak ada batasan usia, namun memang risiko berjerawat akan berkurang sewaktu usia makin bertambah. Diketahui juga bahwa 5% dari wanita dan pria di usia 45 tahun masih berjerawat secara statistik. Namun kembali lagi, adanya faktor hormonal yang berpengaruh maka akan memicu timbulnya jerawat di usia berapapun.

Pada remaja, jerawat lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita. Namun saat memasuki usia dewasa muda, jerawat lebih mudah terjadi pada wanita dibanding pria. Umumnya jerawat terjadi di usia 14-17 tahun pada wanita, 16-19 tahun pada pria. Walau tak menutup kemungkinan bahwa jerawat juga bisa hadir di usia yang lebih dewasa.

Pada dasarnya jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Ini adalah kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Meski demikian, jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka (acne scar), yaitu jaringan parut akibat penyembuhan jerawat yang tidak sempurna. Hal ini seringkali mengurangi kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Penjelasan Medis

Menurut hasil lansiran dari Reader’s Digest, diungkapkan bahwa wanita usia dewasa tetap memiliki potensi besar dalam berjerawat, namun tentunya dengan jumlah yang lebih sedikit ketimbang sewaktu remaja. Hormon menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat pada usia 20-35 tahun.

Ditunjukkan pula oleh hasil sebuah survey bahwa wanita yang usianya antara 40-60 tahun masih berpotensi mengalami jerawat dan jerawat-jerawat pada wanita dewasa dapat timbul karena:

– Menopause
– Kehamilan
– Menstruasi
– Stres
Jadi, umur berapa jerawat tidak tumbuh lagi? Jerawat masih akan tetap bisa tumbuh walau usia sudah dewasa atau tua. Karena faktor hormonal yang memicu munculnya jerawat diusia berapapun.

Yuk ketahui penyebab timbulnya jerawat yang lebih lengkap.

Semoga sehat selalu,

@doktercare

(dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *